6 Cara Membedakan Daging Sapi Asli Vs Daging Oplosan, biar Gak Tertipu

Saat membeli makanan, kita perlu memperhatikan hal-hal penting, terutama kualitasnya. Khususnya saat sedang membeli daging sapi.Daging yang banyak digemari ini kerap diolah menjadi daging oplosan, yakni daging sapi yang dicampur dengan daging babi. Tenang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membedakan daging sapi asli dan daging oplosan, berikut di antaranya. 1. Warna dagingaameats.netHal pertama yang bisa diperhatikan saat membeli daging adalah warnanya. Daging sapi berwarna merah tua yang segar, sedangkan daging oplosan berwarna merah pucat hampir seperti warna daging ayam. 2. Aroma dagingemerging-europe.comKamu juga bisa mengetahui dari aromanya. Daging sapi memiliki aroma daging yang khas, sedangkan daging oplosan berbau amis dan anyir. 3. Tekstur dagingnewfoodmagazine.comTekstur daging sapi cenderung padat dan kaku. Selain itu, gak mudah pula untuk direnggangkan.Sedangkan, daging oplosan cenderung kenyal, lunak, dan mudah direnggangkan serta elastis. Kamu bisa mengenalinya saat memegang daging tersebut.  Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks Baca Juga: 10 Cara Memasak Daging Sapi yang Empuk dan Lezat 4. Serat dagingglobalmeatnews.comSerat daging sapi juga cenderung keras dan kasar saat dipegang, serta mudah terlihat. Sedangkan, daging oplosan memiliki serat yang halus dan renggang. Bahkan, cenderung lebih lembek saat dipegang. 5. Lemak daginggalaxybuthchery.comDaging sapi memiliki lemak yang lebih padat dan berbentuk. Sehingga tampak padat dan berserat. Sedangkan, daging oplosan memiliki lemak yang lunak dan sangat basah. 6. Perbedaan hargabritannica.comGak cuma dapat dilihat secara fisik, daging oplosan juga kerap dijual dengan harga yang relatif lebih murah. Jadi, kamu perlu mencari tahu dulu harga pasaran daging sapi supaya gak terkecoh dengan daging oplosan. Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari daging oplosan. Semoga bisa membantumu menemukan daging berkualitas ya. Baca Juga: 5 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing yang Harus Kamu Pahami Let's block ads! (Why?)

 6 Cara Membedakan Daging Sapi Asli Vs Daging Oplosan, biar Gak Tertipu

Saat membeli makanan, kita perlu memperhatikan hal-hal penting, terutama kualitasnya. Khususnya saat sedang membeli daging sapi.

Daging yang banyak digemari ini kerap diolah menjadi daging oplosan, yakni daging sapi yang dicampur dengan daging babi. Tenang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membedakan daging sapi asli dan daging oplosan, berikut di antaranya. 

1. Warna daging

6 Cara Membedakan Daging Sapi Asli Vs Daging Oplosan, biar Gak Tertipuaameats.net

Hal pertama yang bisa diperhatikan saat membeli daging adalah warnanya. Daging sapi berwarna merah tua yang segar, sedangkan daging oplosan berwarna merah pucat hampir seperti warna daging ayam. 

2. Aroma daging

6 Cara Membedakan Daging Sapi Asli Vs Daging Oplosan, biar Gak Tertipuemerging-europe.com

Kamu juga bisa mengetahui dari aromanya. Daging sapi memiliki aroma daging yang khas, sedangkan daging oplosan berbau amis dan anyir. 

3. Tekstur daging

6 Cara Membedakan Daging Sapi Asli Vs Daging Oplosan, biar Gak Tertipunewfoodmagazine.com

Tekstur daging sapi cenderung padat dan kaku. Selain itu, gak mudah pula untuk direnggangkan.

Sedangkan, daging oplosan cenderung kenyal, lunak, dan mudah direnggangkan serta elastis. Kamu bisa mengenalinya saat memegang daging tersebut. 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Baca Juga: 10 Cara Memasak Daging Sapi yang Empuk dan Lezat

4. Serat daging

6 Cara Membedakan Daging Sapi Asli Vs Daging Oplosan, biar Gak Tertipuglobalmeatnews.com

Serat daging sapi juga cenderung keras dan kasar saat dipegang, serta mudah terlihat. Sedangkan, daging oplosan memiliki serat yang halus dan renggang. Bahkan, cenderung lebih lembek saat dipegang. 

5. Lemak daging

6 Cara Membedakan Daging Sapi Asli Vs Daging Oplosan, biar Gak Tertipugalaxybuthchery.com

Daging sapi memiliki lemak yang lebih padat dan berbentuk. Sehingga tampak padat dan berserat. Sedangkan, daging oplosan memiliki lemak yang lunak dan sangat basah. 

6. Perbedaan harga

6 Cara Membedakan Daging Sapi Asli Vs Daging Oplosan, biar Gak Tertipubritannica.com

Gak cuma dapat dilihat secara fisik, daging oplosan juga kerap dijual dengan harga yang relatif lebih murah. Jadi, kamu perlu mencari tahu dulu harga pasaran daging sapi supaya gak terkecoh dengan daging oplosan. 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari daging oplosan. Semoga bisa membantumu menemukan daging berkualitas ya.

Baca Juga: 5 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing yang Harus Kamu Pahami

Let's block ads! (Why?)