Cara untuk dapat melepaskan hal-hal yang membuat OVERTHINKING

Cara untuk dapat melepaskan hal-hal yang membuat OVERTHINKING
Cara untuk dapat melepaskan hal-hal yang membuat OVERTHINKING

Banyak sekali dari kita yang memikirkan banyak hal-hal yang dapat membuat diri kita menjadi stress atau overthinking. Hal-hal tersebut dapat berdampak sangat buruk bagi diri kita sendiri. Nah, untuk dapat menghindari hal tersebut, kalian semua harus bisa melepaskan hal-hal yang seharusnya tidak kalian pikirkan.

Disini penulis akan memberikan beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk dapat melepaskan hal-hal yang dapat membuat kalian menjadi overthinking dan stress.

  1. STOP mengkhawatirkan masa lalu.

Semua orang pasti memiliki masa lalu, entah itu baik atau buruk. Kita harus bisa melepaskan atau merelakan masa lalu tersebut, terutama jika itu adalah masa lalu yang buruk. Mengapa? Karena dengan kita yang selalu mengkhawatirkan segala hal dan apa lagi masa lalu, itu tidak akan baik terhadap diri kita. Masa lalu yang sudah berlalu, jadikan lah sebuah pelajaran untuk dimasa yang akan datang. Bukan untuk jadi beban dimasa yang akan datang.

 

  1. STOP mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan tentangmu.

Terkadang kita selalu mengkhawatirkan orang lain yang selalu berpikiran buruk terhadap diri kita, dan sebenarnya kita sendiri tidak tahu jika orang tersebut berpikiran buruk tentang kita. Terkadang kita terlalu overthinking tentang apa yang sebenarnya terjadi ketika kita berinteraksi dengan orang lain (orang yang baru dikenal atau orang baru) yang berada disekitar kita. Tetapi, sebenarnya hal tersebut tidak perlu kita pikirkan. Karena orang lain belum tentu berpikiran buruk tentang diri kalian.

 

  1. STOP pengeluaran yang tidak diperlukan.

Ketika kita sedang berjalan-jalan disuatu tempat perbelanjaan, kita terkadang membeli sesuatu yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Tetapi karena bentuknya yang lucu, trend yang sedang  terjadi pada saat itu, dan harga yang mahal demi gengsi kita membeli barang tersebut. Ketika sampai dirumah baru deh bertanya-tanya “ngapain si beli barang ini, gak terlalu berguna atau gak terlalu penting”. Dari pada kita membeli sesuatu yang tidak kita butuhkan, lebih baik ditabung yuk untuk masa depan nanti.

 

  1. STOP mengkhawatirkan diri sendiri.

Mengapa demikian? Karena banyak sekali dari kita yang berpikir tentang bagaimana dapat menjadi seperti orang yang kita inginkan dan salah alah satunya adalah terhadap fisik kita sendiri. Terkadang kita sangat insecure terhadap diri kita yang kita rasa tidak se-indah dan se-bagus orang lain dan ketika hal tersebut terjadi, kita selalu bertanya-tanya kepada diri kita sendiri “bagaimana jika orang lain tidak suka denganku?”, “apakah aku pantas untuk mengikuti perlombaan ini?”. Okay, STOP disitu.. kita semua memiliki kelebihan dan kekurangan dalam diri kita sendiri, tetapi dari hal tersebut kita bisa merubah mindset diri kita sendiri, yaitu dengan berpikiran “bagaimana kekurangan dan kelebihanku dapat berguna bagiku dan orang lain?”. Tuhan menciptakan manusia beraneka ragam. Tetaplah disyukuri yaaaaJ

 

Nah itu dia beberapa tips dari penulis yang dapat penulis berikan kepada para pembaca. Semoga bermanfaat yah!!:)