NGOBRAS FAIR 2020 Mengajak Pemuda Indonesia Membantu Masyarakat Terdampak COVID-19

“Produktif dan Bergerak #DiRumahAja: Youth Ranger Indonesia x Terangi Hujan Mengajak Pemuda Indonesia Turun Tangan Membantu Masyarakat Terdampak COVID-19 Melalui Virtual Mentoring Potensi Diri di NGOBRAS FAIR 2020”

NGOBRAS FAIR 2020 Mengajak Pemuda Indonesia Membantu Masyarakat Terdampak COVID-19

Indonesia – Kemudahan akses teknologi di era digitalisasi saat ini mampu menciptakan interaksi tanpa batas walaupun negara sedang dihadapkan krisis akibat Pandemi COVID-19. Sebagai kelompok masyarakat yang digolongkan sebagai Digital Natives, Pemuda memiliki peran besar terhadap terciptanya laju dan ruang gerak dinamis yang aktif serta menyasar ruang-ruang digital, dimana nantinya hal ini dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk membantu masyarakat Indonesia yang terkena dampak Pandemi COVID-19. Menjawab fungsi dan juga kontribusi berbentuk aksi nyata yang dapat dilakukan Pemuda sebagai Agen Penggerak dengan dominansi tertinggi di era digital saat ini,  Youth Ranger Indonesia bersama Terangi Hujan yang didukung oleh puluhan komunitas diseluruh Indonesia menggelar Kegiatan Virtual  Mentoring bagi para pemuda di seluruh Indonesia melalui NGOBRAS FAIR 2020.

NGOBRAS FAIR merupakan rangkaian kegiatan mentoring online yang memiliki substansi ilmu, cerita pengalaman, tips ataupun hal positif lain. Mentoring online ini menghadirkan sebanyak 12 ahli, tokoh maupun public figure yang berasal dari latar belakang berbeda. Adapun mereka adalah Sonia Fergina Citra (Miss Universe Indonesia 2018), Anastasia Praditha (TV Presenter & Puteri Indonesia Intelegensia II 2019), Anggie Marthin (Educational Video Creator), Diana Novita (Duta Pemuda Indonesia Prov. Jawa Barat), Reny Ayu Wulandari (Awardee LPDP Belanda), Afham Kkilmi (Awardee LPDP UK), Maya Andzela (Founder & CEO Changemaker Indonesia), Rohmatulloh Amirodtudin (AISEC in Bangladesh, Country Director Product Development and Marketing), Bagus Widnyana (Content Creator), Peachy Liv ( Youtuber dan Penulis), Syifa Kenedi (Dokter Muda), dan juga Irvandias Sanjaya (Linkedin Power Profile Social  Impact 2018), yang kemudian mentoring bersama tokoh-tokoh ini dipandu oleh IMPACTMAN, anggota aktif dari Komunitas Youth Ranger Indonesia yang juga tidak kalah prestatif diantaranya Fildzah Izzati (Duta GenRe Tangeran Selatan), Andi Ayu Fiddini (Duta Keker 2017), Vicka Galuh Febriyanthie (Staf Ahli Eksternal ISMAFARSI), Nabila Afifah Appresya (Awardee PBSB KEMENAG RI), Galuh Ayu Amalia (Duta GenRe Tangerang Selatan), Arya Saputra R (Duta Pendidikan Banten), Adam Abiyu (Sekretaris YRI), Arya Satya (Sekwil ISMKI Wilayah 4), Reza Pahlevi (Putera Pendidikan DKI Jakarta),  Dewina Nuriyah (Duta Poltekkes Bandung), Indah Ramadhanty (Relasi YRI) dan An Nisa Fatimah (Staf Ahli ISMAFARSI JABODELATA)

Mentoring online ini dilaksanakan dari tanggal 10-21 Mei 2020, dimulai pada pukul 16.00 WIB dan 20.00 WIB, dimana sorotan utama pada minggu pertama yaitu “Your English Zone”, topik yang dibahas mulai dari mengenai Cara Belajar Bahasa Inggris efektif hingga meraih Beasiswa ke Luar Negeri. Lalu di minggu kedua adalah “Developing Self Potential”, yaitu topik yang menjadi bahasan adalah topik-topik seputar peningkatan kapasitas diri seperti menemukan Self Branding, Succesful Habits, dan lain sebagainya.   

“Sebetulnya kegiatan NGOBRAS ini sudah ada, dimana kami menyediakan platform bagi para pemuda diseluruh Indonesia yang banyak sekali belum dapat menemukan potensi diri, oleh karena itu program ini kami buat agar mereka dapat dibekali melalui kegiatan mentoring yang kami laksanakan secara gratis setiap bulannya dan NGOBRAS FAIR 2020 ini merupakan salah satu rangkaian terbesar dari program NGOBRAS sebelumnya, dimana memang tujuan utamanya adalah untuk mengajak para pemuda pemudi Indonesia turut serta berkontribusi membantu masyakarat terdampak COVID-19. Singkatnya mengajak pemuda belajar sekaligus berdonasi. Belajar guna meningkatkan kapasitas diri, berdonasi guna menumbuhkan jiwa sosial.”, Ungkap Rinaldi Nur Ibrahim selaku Founder dan CEO Youth Ranger Indonesia.

Untuk mengikuti kegiatan NGOBRAS FAIR 2020 ini, para peserta harus melakukan registrasi dengan membayar tiket (paket donasi). 1 kelas mentoring hanya dikenakan tarif sebesar Rp 15.000, 6 kelas mentoring Rp 60.000, dan 12 kelas mentoring Rp 100. 0000 saja. Kemudian nantinya hasil donasi dari mendaftarkan diri di Kelas NGOBRAS FAIR ini akan disumbangkan kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19, dengan gerakan aksi sosial #SatuOrangSatuPorsi, dimana Satu kelas setara dengan Satu Porsi makanan yang akan disumbangkan.

Sebagai salah satu peserta Agei Hidayat mengatakan kegiatan tersebut sangat bermanfaat baginya dikarenakan agei dapat mengupgrade potensi dirinya walau tetap stay dirumah aja. Agei juga berpesan kepada para pemuda indonesia agar selalu semangat dalam mengembangkan potensi diri agar bisa mempersiapkan dirinya dalam menghadapi Indonesia Emas dan bisa bersaing kedepan

Saat ini, donasi yang sudah terkumpul berjumlah sebesar Rp 3.031.000. Namun donasi masih akan dibuka sampai dengan Hari Raya Idul Fitri nanti (Indah Ramadhanty)