Tidak Ada Pribadi yang Malas

Sebenarnya tidak ada orang yang malas, jika dia mau mengubah sifat malas itu menjadi sifat rajin. Kalau pun kadang kita didera malas, itu wajar, namun tidak terus-menerus. Salah satu cara agar kita tidak malas yaitu membuat daftar apa saja yang akan kita lakukan mulai bangun tidur hingga sebelum tidur. Daftar ini kita gunakan untuk membiasakan diri melakukan rutinitas, setelahnya akan menjadi kebiasaan. Kita dibentuk oleh apa yang kita lakukan berulang-ulang. Dengan demikian, keunggulan bukanlah tindakan, melainkan kebiasaan. Jika telah menjadi kebiasaan, maka kita akan otomatis melakukannya tanpa beban. Misalnya, setiap kali mandi, rapikan kamar mandi, hasilnya kamar mandi selalu bersih tanpa noda. Piring dicuci selesai makan. Pakaian dicuci sebelum bertumpuk dan dikeringkan dengan cara digantung di balkon. Lalu sambil menjemur kita membersihkan permukaan balkon. Jika telah kita tetapkan daftar rutinitas yang kita kerjakan, janganlah menundanya. Menunda sebenarnya justru akan membuat beban kita menjadi lebih berat. Akibatnya, rasa malas bertambah. Let's block ads! (Why?)

Tidak Ada Pribadi yang Malas

Sebenarnya tidak ada orang yang malas, jika dia mau mengubah sifat malas itu menjadi sifat rajin.

Kalau pun kadang kita didera malas, itu wajar, namun tidak terus-menerus.

Salah satu cara agar kita tidak malas yaitu membuat daftar apa saja yang akan kita lakukan mulai bangun tidur hingga sebelum tidur.

Daftar ini kita gunakan untuk membiasakan diri melakukan rutinitas, setelahnya akan menjadi kebiasaan. Kita dibentuk oleh apa yang kita lakukan berulang-ulang. Dengan demikian, keunggulan bukanlah tindakan, melainkan kebiasaan.

Jika telah menjadi kebiasaan, maka kita akan otomatis melakukannya tanpa beban.

Misalnya, setiap kali mandi, rapikan kamar mandi, hasilnya kamar mandi selalu bersih tanpa noda. Piring dicuci selesai makan. Pakaian dicuci sebelum bertumpuk dan dikeringkan dengan cara digantung di balkon. Lalu sambil menjemur kita membersihkan permukaan balkon.

Jika telah kita tetapkan daftar rutinitas yang kita kerjakan, janganlah menundanya.

Menunda sebenarnya justru akan membuat beban kita menjadi lebih berat. Akibatnya, rasa malas bertambah.

Let's block ads! (Why?)