6 cara membidik foto yang bagus dengan kamera smartphone

Berikut ini adalah cara membidik foto dengan kamera smartpone

6 cara membidik foto yang bagus dengan kamera smartphone

1. Kontrol cahaya

Istilah fotografi artinya melukis dengan cahaya. Pastikan kondisi kamu memotret memiliki pencahayaan yang cukup.

Hal ini menjadi nomor 1 karena keterbatasan sensor kamera handphone yang ukurannya lebih kecil dari DSLR, baik itu APSC apalagi yang full frame.

Karena ukurannya yang kecil, otomatis kemampuan menangkap cahayanya juga lebih sedikit. Oleh karena itu kita harus mengakalinya dengan memotret dalam lingkungan yang cukup terang.

2. Dekati objeknya, jangan zoom

Salah satu kesalahan yang sering terjadi saat memotret dengan kamera ponsel adalah hasil foto yang blurry (buram). Hasil foto yang tidak jelas seperti ini biasanya karena kamu menggunakan zoom.

Bila menggunakan zoom, bukannya membuat foto semakin jelas, hasil foto malah menjadi buram dan pecah.

Untuk mengatasinya, posisikan diri kamu pada jarak yang cukup di mana seluruh bidikan terkena kamera ponsel kamu tanpa zoom.

3. Kenali kemampuan – plus minus kamera hp anda

Segala sesuatu di dunia ini memiliki dua sisi, kekuatan dan kelemahan, kelebihan dan kekurangan, plus dan minus. Tak terkecuali dengan hp atau smartphone anda. Nah, sekarang coba perhatikan hp atau smartphone anda.

Apa brand dan platform hp anda, iPhone, Android, Windows Phone? Bagaimana spek kameranya? Berapa resolusinya? Apa jenis lensa yang digunakan? Berapa aperture atau bukaannya? ISO-nya bagaimana? Apakah hp anda lebih bagus untuk memotret di siang hari ketimbang pada malam hari?

Semua itu harus anda perhatikan dan anda pahami agar nantinya anda mampu menghasilkan kualitas foto yang keren lewat hp atau smartphone anda. Coba deh lihat dan cek fitur, kemampuan dan spesifikasi hp anda.

Jangan lupa untuk mengatur besaran megapixel-nya ke resolusi yang paling tinggi. Resolusi kamera merupakan salah satu faktor utama menghasilkan foto yang tajam dan jernih.

Tapi ingat, resolusi besar yang ada pada ponsel atau hp tidak menjamin untuk selalu bisa menghasilkan kualitas gambar yang bagus. Bisa saja ponsel yang memiliki resolusi 16 MP bisa kalah dari ponsel yang hanya memiliki 12 MP resolusi kameranya.

4. Bersihkan lensa kamera

Tanpa Anda sadari terkadang tangan yang berkeringat menyentuh lensa kamera utama smartphone Anda. Nah, tahukah Anda bahwa minyak atau keringat di tangan dapat meninggalkan noda tipis di lensa Anda? Tips memotret dengan kamera Android yang pertama menyarankan Anda untuk membersihkan lensa kamera ponsel Android Anda terlebih dahulu sebelum digunakan.

Bersihkan lensa dengan tisu atau pakaian Anda. Pasalnya, jika tidak dibersihkan maka hasil foto akan tampak kabur karena tertutup minyak atau debu. Membersihkan lensa adalah salah satu bagian dari cara merawat kamera di ponsel Anda.

5. Pegang hp dengan stabil

Bila hp yang kamu gunakan tidak terlalu cepat menangkap gambar atau tidak ada fitur IOS, supaya hasilnya tidak blur karena goncangan, sebaiknya kamu memegang hp kamu dengan stabil dan jangan goyang. Kamu bisa meletakkan tangan kamu di badan kamu, di pohon atau benda apa saja yang ada disekitar yang bisa membuat tangan kamu stabil seperti tripod.

6. Gunakan filter post-processin

Banyak orang yang menganggap sepele pada filter yang sebetulnya bisa mempercantik hasil foto. Namun, bagi Anda yang ingin menekuni fotografi serius dengan bermodalkan kamera ponsel Android, maka Anda bisa memanfaatkan semua filter yang tersedia, mulai dari retro, hitam-putih, sephia, dan masih banyak lagi.

Sebagian besar smartphone modern saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai filter yang bisa membuat hasil foto jadi lebih berkarakter. Akan tetapi, bila Anda kurang cocok dengan filter bawaan kamera ponsel,  cobalah untuk mengunduh Pixlr di smartphone Anda.