4 Cara Mengobati Gusi Yang Membengkak

Sama seperti gigi, gusi juga memiliki tingkat sensitivitas yang sangat tinggi. Padahal, gusi berperan sangat vital untuk menunjang kesehatan segala macam aktivitas yang dilakukan oleh mulut

4 Cara Mengobati Gusi Yang Membengkak

Sama seperti gigi, gusi juga memiliki tingkat sensitivitas yang sangat tinggi. Padahal, gusi berperan sangat vital untuk menunjang kesehatan segala macam aktivitas yang dilakukan oleh mulut. Oleh karena itu, kesehatan gusi pun perlu kamu jaga.

Masalah kesehatan yang sering terjadi pada gusi adalah terjadinya pembengkakan. Saat kondisi ini dialami, kamu akan sulit untuk makan, minum, bahkan berbicara karena gesekan di dalam mulut dapat menyentuh gusi yang bengkak. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai obat gusi bengkak. Mau tahu apa saja? Simak terus ulasannya berikut ini.

Obat gusi bengkak yang alami :

Buat kamu yang kurang akrab dengan dokter gigi, untungnya bisa mengobati kendala gusi bengkak dengan menggunakan cara-cara yang sederhana dengan bahan-bahan yang alami.  Namun, cara-cara berikut ini bisa dibilang hanya pertolongan pertama ya, jika sakit terus berlanjut ada baiknya kamu mulai mengakrabkan diri dengan dokter gigi.

1. Kompres dengan air dingin

Salah satu cara mudah untuk meredakan gusi bengkak adalah dengan menggunakan air dingin atau es batu. Suhu dingin yang dimiliki es batu dapat merangsang pembuluh darah di wajah untuk menyempit sehingga dapat memperlambat aliran darah yang menuju gusi yang bengkak.

Caranya pun mudah, kamu tinggal mengambil es batu lalu bungkus dengan kain bersih. Tempelkan kain yang berisikan es batu tersebut ke bagian pipi yang terasa bengkak atau sakit. Lakukan secara berulang sampai rasa nyeri mereda dan bengkaknya mulai menyusut.

2. Kumur-kumur dengan air garam

Garam tak hanya digunakan untuk menambah rasa masakan saja. Sejak zaman peradaban Romawi kuno, perpaduan antara air dan garam telah dipercaya dapat meredakan masalah gigi dan mulut. Sifat garam yang bisa menyerap air dapat membuat kondisi mulut menjadi kering. Situasi mulut yang kering ini dapat membunuh bakteri jahat yang berada di dalam mulut.

Gunakanlah setengah sendok teh garam dan larutkan ke dalam segelas air hangat. Kumur-kumur larutan ini secara menyeluruh di dalam rongga mulut. Lakukan selama beberapa detik, lalu buang airnya.

3. Minum air putih yang cukup

Selain untuk mengatasi dehidrasi, minum air putih dalam jumlah yang cukup juga dapat mengurangi risiko infeksi yang disebabkan bakteri yang ada di dalam mulut. Membiasakan diri untuk meminum air putih yang cukup dapat merangsang produksi air liur di dalam mulut.

Air liur ini memiliki peranan yang penting untuk membuat rongga mulut menjadi lembab dan membersihkan sisa-sisa makanan yang ada di dalam mulut. Kandungan enzim yang terdapat di air liur juga dapat membantu melawan infeksi yang terjadi.

4. Kunyit

Kandungan senyawa curcumin yang terdapat di dalam kunyit telah teruji secara klinis dapat melawan bakteri sekaligus meredakan peradangan yang terjadi pada gusi. Obat kumur dari sari kunyit juga dipercaya dapat mencegah pembentukan plak di gigi dan mengurangi risiko radang gusi.

Untuk memanfaatkannya kamu bisa membuat pasta gigi yang terbuat dari kunyit. Caranya adalah dengan memarut setengah ruas kunyit, campurkan dengan baking soda dan minyak kelapa. Aduk adonan ini secara merata sampai terlihat mengental. Gunakan adonan ini sebagai pengganti pasta gigi saat ingin menggosok gigi.

Gusi bengkak memang merupakan masalah yang kerap terjadi di dalam mulut. Hal yang perlu kamu ketahui adalah apa yang menyebabkan terjadinya gusi bengkak dan bagaimana melakukan pertolongan pertamanya.