5 Cara Menghilangkan Bekas Luka Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang cukup mengganggu. Tak hanya membuat orang tidak nyaman, bekas luka akibat jerawat juga mengikis kepercayaan diri. Terlebih, jika problem kulit yang disebabkan masalah keseimbangan hormon ini bertebaran di wajah. Namun, Anda tak perlu khawatir. Melansir Medical News Today, bekas jerawat tidak selamanya nangkring di wajah. Bekas jerawat dapat hilang dengan perawatan medis maupun bahan-bahan alami yang gampang ditemui di rumah. Melansir Mirror, berikut lima cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan bahan yang mudah ditemui di rumah.

5 Cara Menghilangkan Bekas Luka Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang cukup mengganggu. Tak hanya membuat orang tidak nyaman, bekas luka akibat jerawat juga mengikis kepercayaan diri. Terlebih, jika problem kulit yang disebabkan masalah keseimbangan hormon ini bertebaran di wajah. Namun, Anda tak perlu khawatir. Melansir Medical News Today, bekas jerawat tidak selamanya nangkring di wajah. Bekas jerawat dapat hilang dengan perawatan medis maupun bahan-bahan alami yang gampang ditemui di rumah. Melansir Mirror, berikut 5 cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan bahan yang mudah ditemui di rumah:

1. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami dengan Kentang

Kentang mengandung vitamin dan mineral yang mampu untuk menyembuhkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam.

Caranya mudah saja :

  1. Iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada area bekas jerawat.
  2. Biarkan selama 10 menit.
  3. Cuci wajah dengan air bersih.
  4. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu

2. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami dengan Baking Soda

Baking soda banyak digunakan untuk proses pembuatan kue. Namun ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahan ini bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat, karena baking soda terdiri dari kristal sodium bicarbonate, yang berfungsi untuk mengelupas kulit mati pada saat digunakan sebagai scrub pembersih.

Cara menggunakannya :

  1. Siapkan beberapa sendok teh baking soda
  2. Air secukupnya
  3. Campurkan hingga mengental
  4. Oleskan pada area bekas jerawat, dan pijit-pijit
  5. Diamkan selama 2 menit
  6. Basuh wajah dengan air hangat
  7. Oleskan pelembap alami (minyak kelapa, atau minyak zaitun)

3. Menggunakan Lidah buaya

Lidah buaya mengandung zat antiperadangan dan antibakteri alami, sehingga bisa mengobati jerawat. Selain itu, bahan skin care yang belakangan populer ini juga ampuh mengatasi bekas jerawat. Untuk mendapatkan manfaat maksimal lidah buaya agar bekas jerawat memudar, caranya:

  1. Oleskan lendir dari daging lidah buaya ke bekas jerawat
  2. Pijat dengan lembut Biarkan selama 30 menit
  3. Bilas Ulangi dua atau tiga hari sekali Bisa juga dengan: Campurkan satu sendok makan gel lidah buaya yang tersedia di pasaran dan dua tetes minyak esensial tea tree Oleskan ke bekas jerawat Tunggu sampai 15 menit, lalu bilas dengan air dingin Gunakan sehari sekali

4. Menggunakan Lemon

Lemon dapat bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka pada tubuh, termasuk bekas jerawat. Zat aktif lemon bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Sebagai bonusnya, lemon juga dapat meningkatkan elastisitas kulit. Untuk memaksimalkan lemon agar bekas jerawat tidak kentara, caranya:

  1. Oleskan langsung perasan lemon ke bekas jerawat, bisa dengan ujung jari atau cotton bud
  2. Diamkan selama 10 menit,
  3. Bilas dengan air bersih Ulangi satu atau dua kali sehari Bisa juga dengan: Campurkan perasan lemon dan madu dalam perbandingan satu banding satu Gunakan cotton bud untuk mengaplikasikan campuran tersebut di bekas luka Biarkan selama 10 hingga 15 menit Baru cuci dengan air bersih dan keringkan Gunakan sehari sekali Atau: Campurkan satu sendok teh perasan lemon dengan satu sendok teh minyak vitamin E Oleskan ke bekas jerawat sebelum tidur Cuci keesokan paginya Gunakan setiap hari

5. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami dengan Mentimun

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang ada pada mentimun sangat bermanfaat bagi kulit. Mentimun juga mampu untuk menghidrasi kulit.

Cara alami menghilangkan bekas jerawat dengan mentimun :

  1. Iris tipis-tipis mentimun secukupnya
  2. Taruh di atas kulit bekas jerawat Anda
  3. Biarkan dulu selama 30 menit
  4. Bilas wajah Anda dengan air dingin

Demikian beberapa cara alami menghilangkan bekas jerawat yang lebih aman dan hemat bagi Anda. Semoga bermanfaat.