5 Fakta Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Orang Indonesia pasti sudah tidak asing dengan kacang hijau. Biji-bijian dengan warna hijau (seperti namanya) ini banyak dijadikan makanan ringan berupa bubur kacang hijau

5 Fakta Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Orang Indonesia pasti sudah tidak asing dengan kacang hijau. Biji-bijian dengan warna hijau (seperti namanya) ini banyak dijadikan makanan ringan berupa bubur kacang hijau. Rasanya yang manis dan sering dihidangkan dalam keadaan panas, membuat bubur kacang hijau sangat digemari untuk dimakan saat dingin, bahkan dijadikan menu sarapan. 

Di luar negeri, sebenarnya kacang hijau tidak hanya dijadikan makanan ringan seperti bubur kacang hijau. Kacang hijau banyak digunakan sebagai bahan salad dan sup. Kacang hijau sendiri dikenal banyak karena banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaat kacang hijau? Simak terus artikel berikut ini untuk menemukan jawabannya ya.

Berbagai fakta terkait kacang hijau

Berikut beberapa fakta seputar kacang hijau, sebagaimana dirangkum dari Lybrate.

Fakta nutrisi kacang hijau per 100 gram

Kalori: 347

Jumlah Lemak: 1,2 g

Natrium: 15 mg

Kalium: 1,246

Jumlah Karbohidrat: 63 g

Protein: 24 gram

Vitamin dan Mineral

Vitamin A: 2%

Kalsium: 0,13

Vitamin C: 8%

Zat Besi: 37%

Vitamin B-6: 20%

Magnesium: 47%

1. Menurunkan tekanan darah

Kacang hijau sudah terbukti dapat menjadi pengendali dan pengatur lemak. Lebih lagi, kacang hijau memiliki kandungan magnesium yang tinggi (lihat daftar fakta di atas). Hal tersebut membuat kacang hijau menjadi regulator BP yang baik. 

Regulator BP yang baik dapat mempertahankan tingkat magnesium dalam darah. Nah, magnesium sendiri dapat memperlancar pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Artinya, kacang hijau dapat membuat tekanan darah normal.

2. Membantu menurunkan berat badan

Kacang hijau mengandung serat dan protein yang tinggi. Alhasil, terjadi peningkatan ganda hormon kenyang cholecystokinin. Artinya, dengan memakan kacang hijau, kamu akan kenyang lebih lama. Pastinya konsumsi makanan lain bakal berkurang. 

Oh ya, ini hanya berlaku untuk kacang hijau yang dikonsumsi secara mandiri ya. Jika dijadikan bubur kacang hijau, misalnya, artinya bakal berbeda. Pasalnya, bubur kacang hijau biasanya menggunakan gula dan santan yang cukup banyak.

3. Mengontrol kolesterol dan risiko penyakit jantung

Kacang hijau diketahui dapat mencegah oksidasi LDL. Artinya, kacang hijau dapat menjaga pembuluh darah tetap bersih dan meningkatkan sirkulasi darah. Pencegahan oksidasi LDL juga dapat mengurangi peradangan dan memperbaiki kerusakan pembuluh darah. Dengan mencegah kerja keras, risiko terkena serangan jantung akan berkurang.

4. peningkatan kekebalan dan melawan infeksi

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau menjadi antiperadangan dan antimikroba. Kelebihan ini dapat membantu melawan bakteri dan juga virus. Oleh karena itu, kacang hijau tentunya dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh.

5. Mengurangi risiko kanker

Kacang hijau dapat mengontrol radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat muncul dari beberapa hal, seperti polusi, stres, makan makanan ringan yang tidak sehat, dan racun dalam tubuh. Hal tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel secara normal. pertumbuhan sel yang abnormal dapat menyebabkan kanker. Nah, dengan kemampuan mengontrol radikal bebas, kacang hijau dapat mengurangi risiko terkena kanker.