5 Faktor Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri Dan Cara Mengatasinya !!!

Terkadang rasa sakit yang ditimbulkan oleh sakit kepala sebelah kiri bisa terasa sampai ke mata dan telinga. Bahkan terkadang juga bisa sampai ke tulang pipi. Hal itu tentunya sangat mengganggu, terutama jika sakit kepala sebelah kiri tersebut sering kambuh.

5 Faktor Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri Dan Cara Mengatasinya !!!
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Sakit kepala sebelah kiri adalah salah satu masalah kesehatan umum yang seringkali dialami oleh banyak orang. Penyebab sakit kepala sebelah kiri pun bisa muncul dari kebiasaan sehari-hari hingga gejala dari kodisi medis tertentu.

Mengetahui berbagai penyebab sakit kepala sebelah kiri dapat membantu Anda dan dokter untuk menentukan pengobatan yang tepat serta mengurangi risiko terjadi komplikasi serius di kemudian hari. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan mengenai sakit kepala sebelah kiri di bawah ini.

1. Minum minuman keras secara berlebihan

Minuman beralkohol seperti bir, wine, dan minuman alkohol lainnya mengandung etanol. Etanol adalah senyawa kimia yang memicu pelebaran pembuluh darah di kepala, sehingga dapat menyebabkan sakit kepala di bagian kiri.

2. Makan tidak teratur

Otak Anda membutuhkan gula (glukosa) dari makanan agar bisa berfungsi optimal. Itu sebabnya, ketika Anda sering melewatkan waktu makan, gula darah akan menurun drastis. Akibatnya, otak Anda pun tidak bisa berfungsi optimal dan mengakibatkan sakit kepala di bagian kiri.

3. Infeksi dan Alergi

Faktor ke tiga dari penyebab sakit kepala sebelah kiri adalah infeksi dan alergi. Sakit kepala seringkali timbul akibat infeksi pernapasan seperti pilek atau flu. Demam dan saluran sinus yang tersumbat dapat menyebabkan sakit kepala. Alergi memicu sakit kepala karena hidung yang tersumbat, lalu menyebabkan rasa sakit dan tekanan di belakang dahi dan tulang pipi. Beberapa infeksi yang serius, seperti ensefalitis dan meningitis bisa menyebabkan sakit kepala yang lebih hebat. Penyakit tersebut juga menimbulkan gejala lain seperti kejang, demam tinggi, dan leher kaku.

4. Penggunaan Obat yang Berlebihan

Faktor ke empat dari penyebab sakit kepala sebelah kiri adalah penggunaan obat secara berlebihan. Bahkan obat yang berfungsi untuk mengobati sakit kepala jika digunakan secara berlebihan, lebih dari dua atau tiga hari berturut-turut selama seminggu, dapat menyebabkan rasa sakit kepala yang lebih parah.

5. Kurang Tidur

Selain makanan, kurangnya waktu untuk tidur juga bisa menyebabkan sakit kepala sebelah kiri. Ketika seseorang kurang tidur, hormon stres kortisol dapat meningkat, inilah yang memicu sakit kepala. Dan seseorang yang memiliki insomnia akan berisiko lebih tinggi untuk mengalami sakit kepala, khususnya sakit kepala sebelah kiri.