5 Gerakan Dasar Yoga

Berikut ini adalah gerakan dasar yoga untuk anda seorang pemula

5 Gerakan Dasar Yoga

1. Mountain Pose

Langkah ini tampaknya sederhana, tetapi jika Anda melakukannya dengan benar dapat membantu memperbaiki postur dan keseimbangan. Berdirilah dengan jari kaki menyentuh lantai dan biarkan tumit sedikit terpisah (atau lebih lebar) satu sama lain dengan meletakkan lengan di samping tubuh Anda. Bayangkan Anda sedang mengangkat tubuh dari batin Anda. Tarik bahu Anda ke bawah dan rentangkan tulang selangka Anda. Posisikan kepala Anda sejajar dengan bahu (tidak mundur atau maju), dan dagu sejajar dengan lantai. Panggul dan punggung bawah harus netral, tidak terselip atau melengkung. Tahan selama 30 detik hingga 1 menit.

2. Triangle pose

Selain merenggangkan tubuh bagian samping, posisi ini juga melatih paru-parumu untuk membuka lebih lebar. Kaki dan seluruh tubuh juga turut terlatih berkat gerakan ini. Lakukan secara perlahan dan pertahankan selama kurang lebih 20 detik sebelum berganti arah. 

3. Gerakan Bujang Cobra (Bhujang Asana)
Buat Anda yang ingin mengecilkan perut, gerakan ini cukup manjur. Selain itu, gerakan ini juga bisa membuat perut jadi lebih kencang dan dapat menguatkan serta melenturkan otot tulang belakang. Gerakan ini dilakukan dengan berbaring tengkurap, letakkan tangan sejajar dengan pundak. Lalu posisikan dagu di lantai dan jari-jari kaki bertumpuk pada lantai. Kemudian tarik napas dan angkat dada dengan bertumpu pada kedua tangan.

4. Warrior I Pose

Gerakan warrior I penting dilakukan untuk membangun kekuatan dan stamina dalam latihan yoga. Gerakan ini dapat melatih kepercayaan diri kita. Selain itu, gerakan yoga warrior I pose juga berguna untuk meregangkan pinggul dan paha serta membangun kekuatan seluruh bagian inti dan bagian bawah.

Cara melakukan gerakan yoga warrior I:

  • Menghadap ke samping kanan, kemudian langkahkan kaki kiri ke depan dengan posisi menekuk
  • Biarkan kaki kanan meregang lurus ke belakang
  • Angkat kedua tangan ke atas sejajar dengan bahu
  • Lakukan 3-5 tarikan napas, lanjutkan dengan sisi lainnya

5. Back Pain Pose

Gerakan ini sangat berguna untuk melatih otot punggung dan membantu menyembuhkan cedera pada otot punggung. Gerakan ini diawali dengan tidur telentang, lalu tekuklah kaki sambil mengangkat pantat secara perlahan hingga membentuk sudut 450. Letakkan tangan di samping kiri dan kaki dalam posisi yang rileks. Gerakan Back Pain Pose ini berguna untuk membuat posisi tulang menjadi lurus dan tegak serta mencegah tubuh bungkuk, karena tulang belakang dilatih dengan cara ditekuk berlawanan arah dengan kebiasaan kita sehari-hari.