5 Hal Wajib Yang Harus Kamu lakukan agar Presentasimu Lancar tanpa Kendala

Dalam bekerja ataupun saat berkuliah, presentasi merupakan hal yang sering ditemui.

5 Hal Wajib Yang Harus Kamu lakukan agar Presentasimu Lancar tanpa Kendala

Dalam bekerja ataupun saat berkuliah, presentasi merupakan hal yang sering ditemui. Secara harfiah, presentasi merupakan sebuah kegiatan di mana seseorang mengemukakan hasil risetnya di depan umum. Dengan kata lain, kamu harus menghilangkan rasa minder atau gugup.

Tetapi, tidak semua orang diberi kemampuan untuk melakukan presentasi secara mulus dan lancar. Jika kamu termasuk orang yang suka terbata-bata saat presentasi, sebenarnya hal tersebut bisa diperbaiki, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar bisa lebih lancar saat presentasi.

Simak pembahasannya berikut ini:

1. Persiapkan bahan presentasimu seminggu sebelumnya

Agar lebih lancar dalam presentasi, kamu wajib banget mempersiapkan semua bahan dengan matang. Sebisa mungkin, cobalah untuk melakukan hal tersebut jauh-jauh hari. Seminggu sebelum hari H merupakan salah satu contoh waktu yang bisa kamu praktikkan.

Dengan menyiapkan bahan presentasi sedini mungkin, kamu pasti akan mudah menguasainya sebab memiliki banyak waktu untuk mempelajarinya. Jika sudah diberi waktu yang sangat luang, jangan pernah menyia-nyiakannya agar presentasimu nanti berjalan mulus.

2. Sebisa mungkin untuk membaca bahan presentasi setiap hari agar bisa paham

Setelah menyiapkan seminggu sebelumnya, kamu wajib banget membaca dan memahami hal tersebut setiap hari. Meskipun kedengarannya cukup berlebihan, kamu harus totalitas dalam melakukan presentasi agar nanti tidak gagal.

Anggaplah terdapat sebuah audiens yang nanti mendengarkan presentasimu sebagai sosok anak kecil. Tugasmu adalah membagi tahu mereka terkait ilmu-ilmu yang sudah kamu dapatkan dengan penyampaian secara menarik. Oleh karena itu, pahami dulu materi presentasimu sampai ke akar-akarnya.

3. Kamu juga harus menyiapkan materi lain yang mungkin berhubungan dengan presentasi

Meskipun sudah memiliki batasan presentasi, terkadang para audiens akan menanyakan sesuatu yang tidak ada dalam topikmu tetapi masih bersinggungan. Sebagai presenter yang baik, kamu wajib menyiapkan dengan matang jika nantinya kejadian tersebut benar-benar ada.

Hal tersebut merupakan salah satu bentuk profesionalitas sebab kamu sangat niat dalam menyiapkan presentasi. Meskipun tidak dijelaskan, kamu bisa menjawab pertanyaan yang agak bersinggungan dengan tepat. Para audiens pasti akan menganggapmu cukup kompeten dalam bidang tersebut.

4. Cobalah untuk sering berlatih presentasi agar nanti bisa lancar

Tidak hanya mencari bahan, kamu wajib banget melakukan gladi bersih agar nanti presentasinya tak belepotan. Terkadang, banyak orang yang lebih fokus untuk mencari bahan daripada latihan. Padahal, kedua hal tersebut sebenarnya sangat penting dan saling bersinggungan.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kamu mulai melatih cara penyampaianmu dalam presentasi. Berlatihlah di depan cermin agar kamu bisa merasakan bagaimana atmosfer saat dihadapkan dengan banyak orang.

5. Catatlah bahan presentasimu menggunakan peta konsep

Ketika mulai presentasi, sebenarnya kamu gak perlu menulis semua bahan untuk dibaca agar terlihat lancar. Kamu hanya perlu membuat peta konsep terkait hal-hal yang sangat penting untuk disampaikan. Hal tersebut pasti akan meningkatkan kemampuan public speaking.

Kamu tidak akan berfokus pada hafalan, melainkan pada penyusunan kalimat terhadap topik yang sudah ditentukan. Jika hal tersebut sudah dilakukan, percayalah bahwa kamu pasti akan menjadi sosok presenter yang sangat andal.

Agar bisa jago presentasi, kamu hanya perlu menyiapkan setiap bahan dengan matang, kok! Selain itu, kamu juga harus banyak-banyak latihan agar nanti ketika hari H, setiap omongan yang keluar dari mulutmu akan tertata rapi.