5 Jurusan Kuliah Yang Banyak Peluang Kerja

Bisa menentukan jurusan kuliah yang kamu inginkan gak hanya berdasarkan minat aja, tapi harus relevan dan berhubungan sama karirnya di masa depan nih.

5 Jurusan Kuliah Yang Banyak Peluang Kerja

Bagi kamu yang baru aja lulus dari SMA/SMK dan akan melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah pasti kamu akan memilih jurusan yang banyak peluang kerja di masa depan kan? Karena jurusan yang banyak peluang kerja di masa depan merupakan salah satu hal yang penting dan harus dipertimbangkan dengan baik-baik guys.

Bisa menentukan jurusan kuliah yang kamu inginkan gak hanya berdasarkan minat aja, tapi harus relevan dan berhubungan sama karirnya di masa depan nih. Kebanyakan orang ketika mendapatkan pertanyaan seperti “kamu ingin masuk kuliah jurusan apa”, pasti banyak yang langsung menjawab ingin masuk jurusan-jurusan populer seperti Ekonomi, Kedokteran atau Teknik Industri. 

Banyak yang berpikir bahwa jurusan tersebut bisa membawa mereka ke masa depan yang cerah. Padahal ada juga jurusan yang tidak menarik dan jarang dipilih orang, tapi bisa memberikan masa depan yang menjanjikan.

Kurangnya informasi dan ketidaktahuan akan minat dan bakat yang dimiliki, serta prospek kerja dari jurusan-jurusan yang ada di jenjang perguruan tinggi akan menyebabkan kamu salah memilih jurusan dan menyesal di kemudian hari. Pasti kamu gak mau berada di posisi ini kan?

Nah berikut ini ada 5 jurusan yang Banyak Peluang Kerja !

1. Jurusan sastra Inggris

Jurusan yang banyak peluang kerja yang pertama adalah jurusan sastra Inggris. Mungkin masih banyak yang tidak mengetahui bahwa jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang sangat menjanjikan dari macam-macam jurusan kuliah di Indonesia. Namun, entah mengapa jurusan yang satu ini masih sangat sedikit peminatnya.

Padahal jurusan yang satu ini memiliki beberapa pekerjaan dengan nilai tinggi, khususnya sebagai penerjemah yang memiliki gaji cukup menarik. Selain menjadi penerjemah, para lulusan Sastra Inggris pun dapat bekerja sebagai guru ataupun dosen di Universitas.

Tak hanya itu saja, lulusan Sastra Inggris juga dapat menjadi tenaga kursus pendidikan Bahasa Inggris di tempat kursus bahasa Inggris. Dunia pariwisata juga sebenarnya sangat membutuhkan tenaga para lulusan Sastra Inggris sebagai pemandu wisata untuk turis dari luar negeri. Bahkan para lulusan Sastra Inggris pun juga akan dilirik di dunia Percetakan tentunya sebagai salah satu penulis atau sebagai editor.

2. Jurusan Kedokteran

Jurusan yang banyak dibutuhkan di dunia kerja selanjutnya adalah jurusan kedokteran. Meskipun kita tau kalo jurusan kedokteran termasuk program studi yang mahal, namun peminat menjadi dokter masih banyak loh setiap tahunnya. Karena profesi dokter selalu dibutuhkan setiap tahunnya dan untuk nilai gajinya juga cukup menjanjikan loh apalagi untuk di masa mendatang dimana jasa seorang dokter sangat dibutuhkan dimanapun. Jadi gak perlu ragu lagi untuk masuk jurusan kedokteran. 

3. Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan yang banyak peluang kerja selanjutnya adalah jurusan ilmu hukum. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali perusahaan yang pasti membutuhkan ahli-ahli dalam bidang hukum di dalamnya. Jadi kamu tak perlu terlalu khawatir akan sulit mencari pekerjaan jika masuk hukum, karena terdapat banyak lapangan kerja di masa mendatang untuk kalian.

4. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan yang banyak peluang kerja selanjutnya adalah jurusan ilmu komunikasi. Bagi kamu yang berasal dari jurusan IPS, ada salah satu jurusan di rumpun ilmu sosial yang sangat menarik. Karena para lulusan jurusan ini umumnya akan bekerja di industri kreatif yang notabene adalah industri yang sangat berkembang dan menjanjikan di era sekarang hingga masa mendatang. 

Jika kamu mengambil jurusan ini, nantinya kamu akan mempelajari cara menyampaikan pesan secara efisien dan efektif juga mempelajari pemanfaatan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan jaman.

5. Keuangan

Bagi yang suka belajar angka dan perhitungan neraca keseimbangan ekonomi, maka keuangan adalah jurusan yang cocok. Jurusan ini bisa bekerja di bidang keamanan finansial, komoditas, dan analis dengan gaji mencapai Rp 1 miliar setahun.