5 Langkah Atasi Mimisan Dengan Cepat

Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus kita lakukan saat terjadi mimisan

5 Langkah Atasi Mimisan Dengan Cepat
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Pencet Hidung

Gunakan ibu jari dan telunjuk untuk memencet hidung selama 10 menit. Saat memencet hidung, kamu bisa bernapas lewat mulut. Langkah ini bisa memberikan penekanan pada pembuluh darah sehingga mimisan berhenti lebih cepat.

2. Daun Sirih

Selanjutnya adalah cara mengatasi mimisan dengan daun sirih.

Daun siri mengandung tannin yang bermanfaat dalam mempercepat proses pendarahan.

Selain itu, daun ini juga dapat mempercepat penyembuhan luka.

Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Siapkan 1-2 helai daun sirih yang bersih.
  • Gulung dan masukan ke dalam hidung yang mimisan.
  • Tekan secara perlahan dan tunggu 2-5 menit hingga darah mulai berhenti mengalir.

3. Kompres Es

Dengan kompres es, kamu dapat menghentikan aliran darah yang keluar dari hidung. Mengompres hidung dengan kain dingin dapat mengatasi mimisan dengan membuat darah cepat mengental dan berhenti, serta memblokir kobocoran darah.

Namun, jangan langsung menempelkan es batu ke hidung kamu. Kamu wajib menggunakan kain lembut ataupun handuk untuk membungkus es batu tersebut terlebih dahulu. Suhu dinginlah yang nantinya akan memperlambat pendarahan dan memeprkecil pembuluh darah, yang nantinya akan membuat mimisan berhenti lebih cepat.

4. Hindari Bersin

Selama darah masih mengalir, usahakan untuk tidak bersin atau mengeluarkan darah dari hidung dengan sengaja. Sebab, hal ini justru akan membuat mimisan sulit berhenti dan terus mengalir. 

5. Jika mimisan belum berhenti juga, segera ke dokter

Jika darah terus mengalir lebih dari 20 menit dan tindakan yang telah Anda lakukan belum memberikan hasil, Anda sebaiknya segera ke dokter untuk diberikan penanganan medis lebih lanjut. Selain itu, apabila Anda kesulitan untuk bernapas, kehilangan banyak darah akibat mimisan, menelan banyak darah hingga muntah, dan mimisan terjadi akibat kecelakaan serius, sebaiknya Anda juga berobat ke dokter untuk diperiksa dan ditangani lebih lanjut.