5 Makanan Khas Jember Yang Wajib Kamu Cicipi

Selain punya banyak tempat wisata yang menarik, ternyata salah satu kota di Jawa Timur ini punya berbagai macam makanan khas yang menghadirkan kelezatan tiada duanya

5 Makanan Khas Jember Yang Wajib Kamu Cicipi

Setiap kali liburan ke sebuah daerah pastinya kamu akan terpikirkan oleh-oleh, makanan, dan souvenir. Seperti saat liburan ke Jember, tentu kamu akan berburu makanan khas Jember.

Selain punya banyak tempat wisata yang menarik, ternyata salah satu kota di Jawa Timur ini punya berbagai macam makanan khas yang menghadirkan kelezatan tiada duanya.

Lalu apa aja sih makanan khas dari daerah jember ini ?. Yuk simak penjelasan berikut ini :

1. Pecel Gudeg

Pecel Gudeg

Makanan satu ini terbilang unik dan layak Anda coba karena makanan ini menggabungkan pecel dan gudeg dalam satu sajian. Nasi pecel gudeg juga dilengkapi dengan ceceknya, potongan daging, gudeg kemudian disiram dengan sambel pecel yang khas, Jangan lupakan sayuran dan juga rempeyek untuk membuat rasanya semakin nikmat. Kolaborasi kuliner dan Jawa Timuran ini bisa Anda temukan diberbagai tempat makan di Jember.

2. Prol Tape

prol_tape

Oleh oleh makanan khas Jember bernama prol tape adalah kudapan yang dibuat dari tape yang diinovasikan oleh masyarakat Jember. Saat ini, prol tape terdiri dari rasa coklat, kismis, keju, dan original. Prol tape pas disajikan saat kamu sedang berkumpul dengan keluarga. Bahan yang digunakan dalam membuat prol tape diantaranya tepung terigu, tape singkong, susu, margarin, dan juga telur. Rasa khas prol tape adalah perpaduan antara manis, kecut, dan gurih.

3. Nasi Langgi

makanan khas Jember paling rekomended wajib dicoba adalah Nasi Langgi. Isi dari Nasi Langgi ini yaitu nasi, daging sapi, sambal goreng tempe dan kentang, bumbu bali, telur asin, petis, abon sapi, mentimun, dan dilengkapi juga dengan sambal. Nasi Langgi ini juga dapat anda temukan dengan mudah di warung makan Kota Jember.

4. Minuman Wedang Cor

wedang cor jember

Ada juga minuman khas Jember yang bisa kamu coba saat berkunjung ke tempat ini. Namanya adalah wedang cor, wedang cor ini berupa minuman hangat yang khas yang pemilihan namanya terinspirasi dari campuran semen dan pasir. Minuman yang bernama wedang cor ini cocok sekali untuk menghangatkan tubuh saat hujan. Meskipun namanya cor yang identik dengan campuran semen dan pasir.

Tapi minuman yang tersaji bukanlah pasir dan semen yang diseduh dengan air hangat, lho, ya. Bahan dari wedang cor berupa jahe, susu dan tape ketan. Wedang cor ini memang tampak sederhana namun sangat lezat. Rasa manis khas tape ketan berpadu dengan susu dan hangatnya jahe membuat cita rasa minuman ini semakin unik dan khas di lidah.

5. Lontong Kupang

Lontong Kupang

Kuliner asal Jember yang unik lainnya adalah Lontong Kupang. Ke-khasan dari kuliner ini adalah kuah kerang kecil lengkap dengan sajian sate kerang yang sangat cocok untuk Toppers pecinta kuliner seafood. Lontong Kupang ini cukup mudah ditemui di daerah Jember dan sekitarnya.

Nah jadi itu dia 5 makanan khas jember, kalo kamu lagi liburan ke daerah jember jangan lupa cobain makanan khas seperti di atas yah.