5 Manfaat Dari Bawang Putih, Untuk Kesehatan Tubuh

Bawang putih memang menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan. Namun, konsumsi bawang putih secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping. 

5 Manfaat Dari Bawang Putih, Untuk Kesehatan Tubuh

Bawang putih memang menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan. Namun, konsumsi bawang putih secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping.  Bawang putih populer di tanah air. Tidak heran, bawang putih merupakan salah satu bumbu yang wajib ada di dapur. 

Umumnya, bawang putih digunakan sebagai bumbu untuk menambah nikmat dan gurih makanan.  Bawang putih tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur. Bawang putih juga bermanfaat sebagai obat herbal yang bisa menumpas banyak penyakit. 

Manfaat bawang putih

Dari semua bagian tanamannya, umbi bawang putih yang kerab dimanfaatkan dalam dunia pengobat herbal.  Pengobatan herbal dengan bawang putih tidak hanya tenar di tanah air tapi juga negara lainnya seperti Rusia dan Jerman.  Bawang putih dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengobati luka pada saat perang dunia.

Berikut manfaat bawang putih untuk kesehatan : 

1. Asam urat 

Asam urat merupakan penyakit yang umum diderita masyarakat tanah air. Untuk Anda yang enggan minum obat kimia, bawang putih bisa jadi solusi mengobati asam urat.  Hal ini disebabkan bawnag putih mengandung antioksidan yang mampu mengontrol produksi purin dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah studi menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih dapat menurunkan kolesterol dan hipertensi, sehingga mampu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, sel darah merah dapat mengubah kandungan sulfur dalam bawang putih menjadi gas hidrogen sulfida, yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah.

3. Mencegah kanker

Bawang putih diketahui mengandung senyawa allicin yang kaya antioksidan dan memiliki sifat antikanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih dapat menurunkan risiko terjadinya kanker lambung dan meredakan gejala berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker paru, dan kanker pankreas. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas bawang putih dalam mencegah kanker.

4. Mencegah penyakit Alzheimer dan demensia

Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas sendiri dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit pada otak, seperti penyakit Alzheimer dan demensia. Sebuah riset menunjukkan bahwa suplemen bawang putih dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh dan mengatasi tekanan darah tinggi.

5. Mencegah pilek

Bawang putih mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dipercaya dapat mencegah pilek. Studi menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa mengonsumsi bawang putih, lebih jarang mengalami pilek dan lebih cepat sembuh ketika terkena flu dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya. Namun, manfaat bawang putih untuk mencegah pilek ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.