5 Manfaat Renang Untuk Kesehatan Tubuh

Renang adalah olahraga yang menyenangkan dan baik bagi semua kalangan. Olahraga yang bisa dilakukan semua orang dari segala usia ini ternyata terbukti lebih efektif daripada latihan angkat beban dan berlari.

5 Manfaat Renang Untuk Kesehatan Tubuh

Renang adalah olahraga yang menyenangkan dan baik bagi semua kalangan. Olahraga yang bisa dilakukan semua orang dari segala usia ini ternyata terbukti lebih efektif daripada latihan angkat beban dan berlari. Renang merupakan cara yang baik untuk bersantai dan memperbaiki mood. Renang mampu membantu seseorang melepaskan endorfin, yang bisa memicu perasaan positif.

Satu di antara Manfaat Renang adalah mampu meningkatkan sistem kerja tubuh serta sistem kardiovaskular. Sebab, dengan olahraga renang, seluruh bagian tubuh bergerak untuk melawan resistensi air. Renang merupakan olahraga dengan peluang cedera yang lebih kecil. Renang juga memiliki beberapa gaya, seperti gaya kupu-kupu, gaya dada, gaya bebas, dan gaya punggung.

Di Eropa, renang sudah dilombakan sejak tahun 1800-an. Sering kali, berenang juga menjadi pilihan olahraga terbaik bagi pengidap penyakit tertentu, seperti penderita radang sendi (arthritis), hernia nukleus pulposus, bahkan dapat digunakan sebagai latihan untuk pemulihan pasca stroke.

Renang bagus untuk membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Nah, kira-kira apa saja manfaat lain yang akan kamu dapatkan dengan olahraga renang?

1. Memelihara kesehatan jantung

Manfaat berenang yang pertama yaitu baik untuk memelihara kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukan bahwa olahraga ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Selain itu, berenang juga bisa meningkatkan kemampuan tubuh menggunakan oksigen. Olahraga air ini juga dipercaga bisa memelihara fungsi organ dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Menurunkan berat badan

Memiliki berat badan ideal mungkin menjadi impian banyak orang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh berat ideal. Misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan rutin olahraga.

3. Menghilangkan stres

Stres adalah sebuah kondisi yang banyak dialami orang. Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres, salah satunya dengan melakukan aktivitas fisik seperti berenang. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa manfaat renang bisa melemaskan otot tubuh dan membuat badan lebih rileks. Dengan demikian stres bisa berkurang.

4. Menambah kualitas tidur

Tidur yang berkualitas juga menjadi hal penting agar tubuh tetap sehat dan bugar. Sayangnya masih banyak orang yang mengalami gangguan tidur seperti insomnia. Untuk mengatasi hal tersebut olahraga renang bisa menjadi pilihannya. Penelitian yang pernah dilakukan terhadap penderita insomnia menunjukan bahwa berenang bisa menambah kualitas tidur mereka. Maka dari itu, apabila Anda mengalami masalah tidur, tak ada salahnya mencoba olahraga air ini.

5. Mengatasi saraf kejepit

Saraf kejepit merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan penderitanya tidak bisa beraktivitas dengan leluasa. Penderita masalah kesehatan ini umumnya lebih banya berbaring di tempat tidur. Apabila tidak mendapatkan penangangan dengan tepat, kondisi tersebut bisa membuat otot melemah dan sendi mengang. Untuk mengatasi masalah tersebut, berenang dapat menjadi pilihannya. Gerakan dalam olahraga ini dapat membuat otot punggung dan tulang belakang lebih santai dan rileks.