5 Manfaat Mengkonsumsi Ikan Salmon Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat salmon dipercaya dapat mengurangi risiko beberapa penyakit seperti kanker, serangan jantung, stroke, demensia, dan Alzheimer dan penyakit kognitif lainnya

5 Manfaat Mengkonsumsi Ikan Salmon Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Ikan salmon adalah salah satu makanan yang paling bergizi di dunia. Jenis ikan ini juga mudah untuk diolah dan dikonsumsi. Manfaat salmon dipercaya dapat mengurangi risiko beberapa penyakit seperti kanker, serangan jantung, stroke, demensia, dan Alzheimer dan penyakit kognitif lainnya.

Hal ini dikarenakan ikan salmon memiliki banyak protein berkualitas tinggi seperti lemak omega 3, yang merupakan protein penting dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Jika Anda suka mengonsumsi ikan salmon. Yuk simak manfaat salmon untuk kesehatan berikut ini :

1. Menyehatkan jantung

Tahukah kamu bahwa asam lemak omega 3 di dalam ikan salmon dapat membantu menurunkan kolesterol? Benar sekali, kandungan asam lemak omega 3 ini ternyata berfungsi untuk banyak hal seperti mengurangi kolesterol dan menjaga fleksibilitas vena, arteri, menguatkan otot jantung, dan juga menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, asam lemak omega 3 juga berfungsi mencegah pengerasan dinding arteri. Inilah alas an mengapa ikan salmon ternyata bermanfaat untuk jantung dan peredaran darah.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsitonin menjadi salah satu kandungan ikan salmon. Fungsinya, yaitu membantu meningkatkan densitas dan kekuatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis dan penyakit sendi seperti osteoartritis.Selain kalsitonin, kesehatan tulang Anda juga akan terjaga karena salmon mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tulang.

3. Baik untuk kulit dan rambut

Jika Anda sedang menjalani diet rendah lemak yang mengakibatkan kulit dan rambut kekurangan lemak, maka salmon bisa menjadi solusi. Asam lemak omega-3 dalam ikan salmon akan membantu memenuhi kebutuhan lemak tubuh sehingga kulit tidak menjadi kusam dan rambut tetap sehat berkilau. Mempertimbangkan manfaatnya untuk kulit, asam lemak omega-3 sedang diuji untuk pengobatan psoriasis.

4. Mengatasi depresi

Asam lemak omega-3 dalam ikan salmon yang dikonsumsi bersama dengan obat antidepresan yang diberikan oleh dokter, diyakini berguna untuk membantu mengatasi depresi. Menurut penelitian, wanita hamil yang mengonsumsi asam lemak omega-3 selama mengandung akan menurunkan risiko depresi pasca kehamilan.

5. Menjaga kesehatan otak

Manfaat salmon juga dapat meningkatkan fungsi otak. Ikan berlemak seperti salmon dapat mengurangi gejala depresi, melindungi kesehatan otak janin selama masa kehamilan, mengurangi kecemasan, meningkatkan daya ingat untuk lansia, dan menurunkan risiko demensia.Dalam penelitan terhadap orang berusia 65 tahun, dengan mengonsumsi ikan salmon dua kali seminggu dapat menurunkan 13% lebih lambat dalam masalah memori, dibandingkan dengan mengonsumsi ikan salmon kurang dari sekali seminggu.