5 Pantai Tersembunyi Gunung Kidul Yang Indah

Tidak hanya terkenal karena wisata budayanya, Jogja juga populer berkat pantai-pantai indahnya yang tersembunyi serta terjaga keindahannya.

5 Pantai Tersembunyi Gunung Kidul Yang Indah

Tidak hanya terkenal karena wisata budayanya, Jogja juga populer berkat pantai-pantai indahnya yang tersembunyi serta terjaganya keindahannya. Terutamanya pantai gunung Kidul yang terletak di bagian selatan Jogja. Tertarik menjelajahinya? Yuk , simak rekomendasi pantai terindahnya berikut ini!

Pantai-pantai indah di Jogja letaknya memang sangat tersembunyi. Bahkan pengunjung hanya bisa mencapainya menggunakan kendaraan roda dua saja. Namun kondisi ini lah yang membuat keindahan alam pantai bisa terjaga dengan baik. Jika kamu tertarik berkunjung ke pantai-pantai tersembunyi ini, simak artikel di bawah ini yuk . 

1. Pantai Nglambor

pantai nglambor di gunung kidul jogja

Pantai Nglambor berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Keunggulan panati ini adalah airnya yang bersih dan jernih sehingga kamu bisa melihat bagian dalam air. Oleh sebab itu, pantai Nglambor kerap dijadikan destinasi wisata untuk snorkeling. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menyebrang ke pulau menggunakan jembatan yang disediakan masyarakat. Hanya saja untuk mencapai pantai satu ini kamu harus menggunakan kendaraan pribadi roda dua. Jika menaiki mobil, kamu harus berhenti sekitar 1-2 kilometer dari pantai untuk kemudian berjalan kaki atau naik ojek warga,

2. Pantai Sadranan

aktivitas kano di pantai sadranan jogja

Berjarak dua jam perjalanan dari kota Jogja, pantai gunung Kidul satu ini menawarkan pasir pantai putih dan air laut nan biru. Di pantai ini kamu bisa berenang, berjemur, hingga melakukan snorkeling saat air surut. Tidak hanya itu, pengunjung bisa menyewa kano untuk berkeliling pantai atau bahkan mendirikan tenda di sana. Pasalnya, kondisi pantai ini masih terhitung sepi meski keindahannya sangat menawan. Namun perlu diingat, akses menuju pantai Sadranan jalurnya sempit, berliku, dan menanjak.

3. Pantai Krakal

rekomendasi pantai indah tersembunyi jogja

Coba berkunjung ke pantai Krakal di Kelurahan Ngestirejo, Tanjung Sari. Pantai ini memiliki bukit kecil yang bisa menjadi spot terbaik untuk menikmati matahari tenggelam. Kamu juga bisa bermain air di pinggir pantainya atau sekedar menikmati waktu berjemur di pasir pantai nan halus. Untuk berenang, sebaiknya pikirkan lagi dengan baik karena karang di bawahnya cukup banyak dan tajam. Namun meski di pantai ini banyak karang, ombaknya sangat menarik untuk digunakan berselancar.

4. Pantai Jogan

pantai gunung kidul dengan air terjun

Berikutnya ada pantai Jogan di Dewa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Pantai gunung Kidul satu ini menawarkan wisata pantai dan air terjun sekaligus. Pasalnya, di salah satu sisi pantai ada air terjun dengan ketinggian kurang lebih 12 meter. Hanya saja saat musim kemarau debit airnya sangat kecil sehingga kurang menarik. Terkait fasilitas, di kawasan ini sudah tersedia toilet, warung makan, serta mushola untuk pengunjung.

5. Pantai Wediombo

laguna wediombo di pantai jogja

Pantai Wediombo menyuguhkan gugusan batu karang yang tampak menakjubkan. Bahkan di salah satu bagian pantainya, ada batu karang yang membentuk laguna atau cekungan. Cekungan tersebut berisi air laut sehingga tampak seperti  kolam kecil. Tidak hanya itu, jika naik ke atas batu karang kamu bisa melihat matahari terbenam dengan leluasa. Hanya saja pantai di Desa Jepitu ini kini sudah cukup ramai oleh pengunjung terutama di hari libur.