5 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Tengah

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Tengah

Pergi berlibur merupakan salah satu pilihan yang bisa dipilih untuk menenangkan pikiran dari segala bentuk masalah yang sedang kita hadapi. selain itu, dengan berlibur kita bisa meluangkan waktu kita untuk keluarga, pasangan, atau teman sekalipun. mengetahui tempat wisata yang bagus menjadi suatu hal yang perlu dimiliki oleh setiap orang yang ingin pergi berlibur. berikut tempat wisata yang bisa menjadi pilihan bagi kamu yang bertempat tinggal di Jawa Tengah.

1. Dataran Tinggi Dieng

Dieng merupakan dataran tinggi yang berlokasi di Jawa Tengah dan hingga kini masih termasuk salah satu pegunungan aktif di Pulau Jawa. Suasana sejuk serta keadaan alam yang masih asri menjadi suatu hal yang tidak bisa didapatkan di kota-kota besar. 

Pilihan tempat wisata yang bisa kamu pilih di Dataran Tinggi Dieng seperti Kawah Sikidang, Bukit Sikunir, Candi Arjuna, Telaga Warna, Candi Gatotkaca, Telaga Merdada, serta masih banyak lagi pilihan tempat wisata lainnya.

Lokasi: Bakal Buntu, Bakal, Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga: Rp 5 - 20 ribu

2. Air Terjun Tawangmangu

Tawangmangu merupakan sebuah nama daerah salah satu kecamatan yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Tawangmangu memiliki destinasi wisata yang beragam, dan cenderung banyak pilihan wisata air terjunnya. banyaknya wisata air terjun dikarenakan letak daerah nya yang berada di sebuah lereng gunung bernama Gunung Lawu.

keindahan yang terpancar dari air terjun yang ada membuat udara di sekitar terasa sangat sejuk dan segar, sehingga membuat rasa nyaman bagi pengunjung yang datang kesana.

Lokasi: Jalan Raya Tawangmangu, Desa Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jam Operasional: 24 jam

Harga: Rp 20 ribu

3. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu merupakan salah satu bukit dari deretan perbukitan yang menjadi bagian dari pegunungan Menoreh. Keindahan alam yang tersaji diatas Punthuk Setumbu membuat banyak fotografer yang ingin berkunjung kesana. 

Selain fotografer, masyarakat umum juga bisa datang ke Punthuk Setumbu untuk menikmati keindahan sunrise yang bisa terlihat dari atas sana. dari atas Punthuk Setumbu juga setiap pengunjung bisa melihat keindahan Candi Borobudur yang masih tertutup awan.

Lokasi: Jalan Borobudur Ngadiharjo KM 4, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jam Operasional: Senin - Jum'at pukul 04.00 - 17.00 WIB.

Harga: Rp 15 - 30 ribu

4. Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan peninggalan Belanda yang sekarang ini menjadi tempat wisata yang perlu dikunjungi ketika datang ke Semarang. Dahulu, Lawang Sewu merupakan bangunan yang pernah dijadikan sebagai markas PT KAI yang digunakan untuk kantor NIS ketika Belanda menjajah Indonesia.

Pemberian nama Lawang Sewu dikarenakan bangunan tersebut memiliki banyak pintu yang mana Lawang berarti pintu, dan Sewu memiliki arti seribu. Akan tetapi pada kenyataannya pintu-pintu yang ada tidak berjumlah hingga seribu, hanya ratusan saja.

Bagi kamu yang tertarik hunting foto dengan bangunan peninggalan bersejarah ini cocok banget. kamu akan disajikan dengan berbagai sudut ruangan yang benar-benar masih bernuansa khas kolonial Belanda.

Lokasi: Jalan Pemuda, Desa Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Jam Operasional: Senin - Minggu pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Harga: Rp 10 - 30 ribu

5. Taman Nasional Karimun Jawa

Taman Nasional Karimun Jawa merupakan kawasan wisata yang berbentuk kepulauan. Wisata ini memiliki keindahan bawah laut yang sangat bagus, sehingga banyak juga wisatawan asing yang berkunjung kesini.

Hamparan pasir putih yang membentang sepanjang pantai membuat tempat wisata ini semakin indah. selain itu, Taman Nasional Karimun Jawa memiliki ratusan ikan hias dan juga ratusan genera fauna akuatik. Di tempat wisata ini, kamu bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling, berjemur, hingga hunting foto.

Lokasi: Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Jam Operasional:  24 jam

Harga: Rp 5 - 10 ribu