5 Tempat Destinasi Di Kota Jember

Jember telah dikenal luas baik wisatawan domestik maupun mancanegara lewat acara karnaval busana tahunan yang telah dikenal mendunia yaitu Jember Fashion Carnaval.

5 Tempat Destinasi Di Kota Jember

Jember merupakan salah satu kota yang letaknya berada di Provinsi Jawa Timur. Disebut terletak di wilayah Tapal Kuda, karena berbatasan langsung dengan Probolinggo, Bondowoso, Lumajang, serta Banyuwangi. Sedangkan, di wilayah selatan akan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Jember telah dikenal luas baik wisatawan domestik maupun mancanegara lewat acara karnaval busana tahunan yang telah dikenal mendunia yaitu Jember Fashion Carnaval. Namun, sebetulnya masih ada banyak destinasi wisata yang menarik lainnya jika Anda sedang berkunjung ke kota ini.

Pastinya, saat liburan ke kota Jember ini, destinasi wisata yang menarik dan juga bisa menyegarkan pikiran dan hilangkan penat. Agar dapat memiliki referensi untuk liburan, pastinya butuh ide destinasi wisata mana saja yang menarik untuk dikunjungi saat bepergian ke Kota Jember ini.

Berikut ini kami telah rangkum 10 tempat wisata di Jember yang unik dan eksotis:

1. Kebun Teh Gunung Gambir

kebun teh gunung gambir

Kebun Teh Gunung Gambir, yang terletak di Wisata Gambir yang notabene memiliki view alam yang indah, dan udara yang sangat sejuk. Kebun Teh Gunung Gambir update terbaru sudah jauh berbeda dengan sebelumnya. Bahkan akses jalan menuju Kebun Teh Gunung Gambir sudah bagus. Kebun Teh Gunung Gambir adalah sebuah kawasan kebun teh yang sangat bersejarah, karena sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda, serta dilengkapi dengan berbagai macam spot selfie yang instagramable.

  • Lokasi Kebun Teh Gunung Gambir terletak di Lereng Gunung Argopuro, di Wisata Gunung Gambir.
  • Alamat Kebun Teh Gunung Gambir berada di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Kebun Teh Gunung Gambir Rp. 10.000 per orang.

2. Pantai Papuma

pantai papuma

Salah-satu wisata pantai yang hits, dan populer di Jember adalah Pantai Papuma. Nama tersebut merupakan singkatan dari Pantai Putih Malikan, dan memiliki nama lain, yaitu Tanjung Papuma. Pantai Papuma sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas wisata, termasuk resort, atau penginapan. Dan di lokasi tersebut terdapat spot terbaik menikmati keindahan Pantai Papuma dari atas.

Nama spot tersebut adalah Siti Hinggil Papuma. Sebuah bukit, yang dilengkapi dengan anak tangga yang berwarna-warni, dan gazebo. Ciri khas Pantai Papuma terdapat sebuah batu karang besar yang ada di tengah-tengahnya.

  • Lokasi Pantai Papuma terletak di gugusan Pantai Selatan.
  • Alamat Pantai Papuma berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Pantai Papuma Rp. 25.000 per orang.

3. Air Terjun Tancak

air terjun tancak

Air Terjun Tancak adalah salah-satu air terjun, atau curug tertinggi yang ada di Jember. Pesona keindahannya sudah tersaji saat trekking menuju lokasi utamanya. Perkebunan kopi menjadi view “pemanasan” bagi para pengunjung. Dan setelah sampai, pengunjung akan melihat sebuah air terjun yang tinggi, mengalir jatuh dari tebing batu yang kokoh.

Selain itu, para pengunjung juga bisa berinteraksi dan mengambil nilai edukasi dari masyarakat sekitar, yang memiliki program Desa Tangguh. Sebuah program yang mendorong manusia untuk mampu berharmoni secara baik dengan alam.

  • Lokasi Air Terjun Tancak terletak di daerah perbukitan Tancak.
  • Alamat Air Terjun Tancak berada di Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Air Terjun Tancak gratis.
  • Para pengunjung hanya wajib membayar biaya parkir saja.

4. Pantai Bandealit

pantai bandealit

Wisata pantai Jember Pantai Bandealit, adalah sebuah pantai cantik yang memiliki panorama alam bukit, dan hutan mangrove, di sekitar area pantainya. Selain itu, daya tarik Pantai Bandealit karena lokasinya berada di kawasan hutan lindung. Dengan demikian, kondisi, serta suasana di Pantai Bandealit sangat tenang, dan masih asri.

  • Lokasi Pantai Bandealit terletak di Taman Nasional Meru Betiri.
  • Alamat Pantai Bandealit berada di Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Pantai Bandealit Rp. 5.000 per orang.

5. Pantai Payangan

pantai payangan

Wisata pantai di Jember yang memiliki ciri khas berupa area pasir pantai yang berwarna hitam, bernama Pantai Payangan. Dan di Pantai Payangan setidaknya terdapat 3 lokasi pantai lainnya, yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai Payangan juga memiliki spot terbaik, yang dilengkapi dengan beragam spot selfie yang instagramable, dengan latar view pantai, yaitu Bukit Samboja.

Meskipun berarea pasir pantai hitam, namun view pantainya sangat indah. Dari mulai batuan karang di tengah pantai, hingga fasilitas wisata yang memanjakan pengunjung, seperti berkuda di area pasir pantai.

  • Lokasi Pantai Payangan berada di alamat dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Pantai Payangan Rp. 5.000.
  • Harga tiket masuk Bukit Samboja Rp. 5.000.

6. Taman Nasional Meru Betiri

taman nasional meru betiri

Tempat wisata di Jember sekaligus ikon, dan kebanggan masyarakat Jember adalah Taman Nasional Meru Betiri (TNMB). Taman Nasional tersebut bukan hanya sekedar menawarkan keseruan wisata saja, tetapi menjadi wisata edukasi Jember yang hits.

Taman Nasional Meru Betiri menawarkan berbagai macam destinasi, dan aktivitas wisata dalam satu kawasan yang sama. Di antaranya:

  • Wisata petualangan hutan,
  • Wisata pantai yang eksotis,
  • Menjelajah mengunakan kano,
  • Wisata edukasi, dan wisata budaya.

Dan perlu diketahui bahwa Taman Nasional Meru Betiri merupakan Taman Nasional yang sangat bersejarah. Bahkan Pemerintah Belanda pada tahun 1929 sudah mengintruksikan bahwa Taman Nasional tersebut wajib dilestarikan.

  • Lokasi Taman Nasional Meru Betiri berada di dua Kabupaten yang ada di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Jember, dan Kabupaten Banyuwangi.
  • Harga tiket masuk Taman Nasional Meru Betiri Rp. 5.000 – Rp. 7.500 per orang.