5 Tips Mengatasi Mata Lelah, Untuk Kamu Yang Suka Mengalaminya

Kondisi ini disebut dengan mata lelah, atau dalam medis dikenal dengan astenopia. Bagaimana mengatasi mata lelah? Perlukah ke dokter untuk menanganinya?

5 Tips Mengatasi Mata Lelah, Untuk Kamu Yang Suka Mengalaminya

Setelah beberapa jam menggunakan laptop atau membaca buku, kita mungkin sering merasakan mata menjadi panas dan kering. Kondisi ini disebut dengan mata lelah, atau dalam medis dikenal dengan astenopia. Bagaimana mengatasi mata lelah? Perlukah ke dokter untuk menanganinya?

Yuk simak artikel berikut ini. Karena saya akan memberikan tips untuk kamu yang memiliki mata lelah :

1. Atur pencahayaan dan posisi layar komputer

Guna mencegah mata lelah, Anda bisa mengatur pencahayaan pada komputer atau gawai yang digunakan. Selain itu, pastikan selalu menjaga jarak pandang yang aman antara layar dan mata, yaitu sekitar 50–66 cm. Anda pun dapat menggunakan kursi yang dapat disesuaikan posisinya agar jarak mata dan layar komputer tetap terjaga.

2. Aturlah pencahayaan ruangan

Usahakan agar pencahayaan ruangan tidak terlalu terang dan menyilaukan mata. Jika menggunakan lampu ruangan atau lampu meja yang cukup terang, Anda bisa menurunkan tingkat pencahayaan di komputer atau gawai Anda. Begitu pula sebaliknya.

3. Istirahatkan mata secara berkala

Saat menggunakan komputer, membaca, atau mengendarai kendaraan, Anda dianjurkan untuk sesekali beristirahat. Setiap 20 menit bekerja, istirahatkan mata setidaknya selama 20 detik.

4. Lakukan Olahraga Mata

Kamu bisa coba dengan melakukan olahraga mata setiap 20 menit sekali. Caranya mudah, kamu hanya perlu memalingkan mata dari layar komputer dan melihat benda-benda yang jaraknya sejauh enam meter dari posisi kamu. Pakar kesehatan mata sering menyebut aktivitas ini dengan “20-20-20 rule”. Melihat objek yang letaknya jauh bisa membantu melemaskan otot mata dan mengurangi lelah mata.

5. Perhatikan kualitas udara di ruangan

Mata kering dapat menjadi gejala astenopia. Untuk mencegahnya, tingkatkanlah kualitas udara ruangan Anda, terutama ruangan kerja. Anda bisa menggunakan humidifier di dalam ruangan, serta menghindari paparan langsung sumber angin (seperti AC dan kipas angin).Begitu pula saat berkendara menyetir mobil. Posisikan agar air vent tidak mengenai wajah.