5 Tips Menjadi Orang yang Dapat Diandalkan di Kantor

Saat menjadi seseorang yang dapat diandalkan di kantor, berarti juga jadi kepercayaan atasan dan para rekan kerja.

5 Tips Menjadi Orang yang Dapat Diandalkan di Kantor

Saat menjadi seseorang yang dapat diandalkan di kantor, berarti juga jadi kepercayaan atasan dan para rekan kerja. Peran tersebut mungkin ingin dimiliki banyak orang. Tak hanya untuk kepuasan pribadi, tapi juga kepentingan perusahaan.

Perlu diketahui, maksud dari seseorang yang bisa diandalkan di tempat kerja adalah kamu menjadi bagian penting dalam kesuksesan perusahaan. Tahukah kamu, menjadi seseorang yang bisa diandalkan membantumu mendapatkan job security dan juga respect dari rekan kerja maupun atasan?

Makanya, supaya bisa jadi seseorang yang diandalkan, yuk, simak tips dari saya berikut ini!

1. Menjaga standar tinggi

Untuk menjadi orang yang dapat diandalkan di kantor, selalu jaga standar kerjamu tetap tinggi. Maksudnya, selalu mengincar hasil terbaik atau maksimal dan menunjukkan etos kerja yang bagus. Untuk melakukannya, kamu bisa mengecek dan me-review ekspektasi dari atasan maupun klien dan menyesuaikan diri untuk memenuhinya.

2. Melebihi ekspektasi

Melebihi ekspektasi berarti siap dan mau menerima tanggung jawab tambahan ketika bekerja. Hal ini adalah salah satu langkah untuk menjadi orang yang bisa diandalkan di kantor. Sebagai contoh, kamu bisa menawarkan diri ketika atasan membutuhkan seseorang untuk terlibat dalam sebuah proyek. Kamu juga bisa menanyakan kesempatan pada atasan seperti memimpin proyek sampingan atau menginisiasi kegiatan tim.

3. Mengetahui dinamika kantor

Perhatikan lingkungan rekan kerjamu dan ketahui bagaimana setiap peran berfungsi. Selain itu, usahakanlah untuk mengenal setiap orang yang bekerja denganmu. Mengetahui hal ini dapat membantumu tahu hal apa yang bisa dilakukan ketika ingin menawarkan bantuan ke rekan kerja. Sehingga, kamu pun selangkah lebih dekat menjadi orang yang dapat diandalkan.

4. Mengembangkan skill khusus

Mengembangkan skill khusus dapat membantumu menjadi yang terbaik dalam menyelesaikan pekerjaan. Hal ini juga salah satu cara untuk bisa diandalkan di kantor. Sebagai contoh, kamu bisa menguasai bahasa asing yang jarang diminati oleh orang lain. Sehingga, hal ini membuatmu lebih unggul dan diandalkan untuk berkomunikasi dengan klien yang menggunakan bahasa tersebut. Selain itu, selalu pastikan skill yang sudah dimiliki up-to-date dengan kebutuhan industri dari peranmu saat ini dengan mengikuti seminar, workshop, atau membaca buku.

5. Menjadi orang yang dapat dipercaya

Salah satu cara untuk bisa menjadi seseorang yang bisa dipercaya adalah dengan menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. Ketika rekan kerja meminta feedback pun, bersikaplah jujur dan berikan komentar yang membangun. Seperti dilansir dari Forbes, hal ini akan membuatmu menjadi orang yang dapat diandalkan dan bisa dipercaya.