5 Tips Menurunkan Kolestrol Dengan Cepat

upaya untuk menurunkan kolesterol, kamu perlu mengetahui kadar kolesterolmu terlebih dahulu, bukan? Apalagi kolesterol tinggi kerap tidak menimbulkan gejala yang berarti.

5 Tips Menurunkan Kolestrol Dengan Cepat

Kolesterol tinggi dapat menjadi akar dari berbagai penyakit serius, terutama penyakit kardiovaskuler. Oleh karena itu, ketika mengetahui bahwa kadar kolesterol dalam tubuh terlampau tinggi, kamu perlu waspada dan segera menurunkannya. Salah satu cara alami untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah mengubah gaya hidup serta pola makan.

Namun, sebelum melakukan berbagai upaya untuk menurunkan kolesterol, kamu perlu mengetahui kadar kolesterolmu terlebih dahulu, bukan? Apalagi kolesterol tinggi kerap tidak menimbulkan gejala yang berarti. Oleh karena itu, ketika kadar kolesterol sudah melebihi ambang batas (>200 mg/dL), sebaiknya segera lakukan upaya untuk menurunkannya. Ada sejumlah metode alami yang dapat kamu coba.

Berikut ini saya akan berikan tips bagaimana caranya menurunkan kolestrol :

1. Perbanyak makan sayur dan buah

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Kandungan serat dalam sayur dan buah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL). Anda disarankan untuk mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayur setiap harinya.

2. Pilih makanan rendah lemak

Jika Anda memiliki masalah kolesterol tinggi, pilihlah makanan dengan kadar lemak yang rendah. Anda bisa mengonsumsi ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, susu rendah lemak, putih telur, kacang-kacangan, polong-polongan, tempe, dan tahu. Hindari konsumsi makanan berlemak, seperti goreng-gorengan.

3. Olahraga Teratur

Selain menjaga berat badan dengan menjalani diet sehat, penting juga untuk berolahraga teratur setiap harinya. Hal ini tak hanya membuat tubuh menjadi bugar, tetapi juga membantu penurunan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

4. Berhenti merokok

Jika kadar kolesterol tubuh ajek tinggi dan Anda perokok, coba mulai hentikan kebiasaan merokok. Berhenti merokok merupakan salah satu cara cepat menurunkan kolesterol alami karena dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Selang 20 menit setelah berhenti merokok, tekanan darah dan detak jantung yang melonjak setelah terpapar rokok jadi lebih stabil. Setelah tiga bulan berhenti merokok, sirkulasi darah dan fungsi paru-paru jadi membaik. Selang setahun setelah berhenti merokok, risiko penyakit jantung ikut turun sampai setengah dari risiko perokok.

5. Tidur yang cukup

Studi membuktikan, terlalu banyak atau kurang tidur sama-sama dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kurang tidur rentan meningkatkan kadar kolesterol jahat karena orang yang cenderung ngemil atau makan lebih banyak, kurang bergerak, dan lebih stres saat kurang tidur. Pastikan tidur yang cukup sebagai cara cepat  menurunkan kolesterol alami. Jika gejala kolesterol tinggi masih muncul padahal Anda sudah melakoni cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami di atas, coba konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Jadi itu dia 5 tips dalam menurunkan kolestrol dengan cepat, Mungkin kamu bisa mencobanya.