6 Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Bahan Alami

Ada beragam cara untuk mengatasi flek hitam, mulai dari obat-obatan, krim, peeling kimia, mikrodermabrasi, hingga laser

6 Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Bahan Alami

Siapa pun, terutama kaum wanita, pasti menginginkan memiliki kulit wajah yang bersih, halus, dan cerah. Namun, ada saja permasalahan kulit yang dapat muncul, salah satu yang kerap terjadi adalah flek hitam.  Flek hitam memang bisa terjadi karena beberapa hal, mulai dari bekas jerawat, dermatitis (luka yang sembuh dan meninggalkan bekas), paparan sinar matahari, KB, kehamilan, sampai penuaan.

Ada beragam cara untuk mengatasi flek hitam, mulai dari obat-obatan, krim, peeling kimia, mikrodermabrasi, hingga laser. Selain harganya yang relatif mahal, pengobatan tersebut memiliki efek samping tertentu. Karena itu, banyak orang mencoba berbagai cara untuk menghilangkan flek hitam secara alami. Resep alami lebih disukai karena memiliki efek samping yang lebih minimal, natural, dan menawarkan harga yang lebih rendah. 

Berikut ini saya akan memberikan beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan flek hitam :

1. Air perasan lemon

Salah satu cara menghilangkan flek hitam secara alami adalah dengan air perasan lemon.Kandungan vitamin C dalam air lemon dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Cara menghilangkan flek hitam secara alami dengan air perasan lemon sangat mudah dilakukan. Anda bisa membasahi kapas dengan sedikit air perasan lemon, lalu mengusapkannya pada permukaan wajah tipis-tipis secara merata. Kemudian, bilas wajah sesudahnya. 

2. Madu

Cara menghilangkan flek hitam secara alami bisa pula dengan madu. Manfaat madu berasal dari kandungan antioksidan yang baik untuk kulit sehingga mampu mencerahkan kulit, terutama yang terdapat noda bekas jerawat. Anda dapat mengoleskan madu langsung ke permukaan kulit tipis-tipis. Kemudian, diamkan selama 5-10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Kandungan pada madu mampu membantu masalah pigmentasi pada kulit.Anda juga dapat membuat scrub dari campuran madu dengan garam atau gula sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel. Scrub wajah ini juga baik untuk mengangkat sel kulit mati.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki nama latin aloe vera. Tanaman ini dipercaya dapat membantu mengatasi flek hitam karena mengandung zat aloesin. Selain itu, tanaman yang dapat diolah menjadi minuman kesehatan ini dapat membantu mengatasi keriput, stretch mark, dan penyembuhan luka. Sebelum tidur, Anda dapat mengoleskan lidah buaya ke bagian wajah yang terdapat flek hitam, lalu bilas dengan air hangat keesokan harinya. Ulangi setiap hari sampai flek hitam memudar.

4. Pepaya

Selain baik untuk kesehatan pencernaan, Anda bisa menggunakan pepaya sebagai bahan untuk menghilangkan flek hitam secara alami. Kandungan sifat pemutih di dalam pepaya membuat buah ini baik digunakan untuk mengatasi flek hitam. Untuk mengaplikasikannya ke wajah, Anda dapat menghaluskan pepaya terlebih dahulu. Lalu, oleskan ke wajah dan diamkan 20-30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat.

5. Kunyit

Siapa sangka, bumbu dapur yang satu ini dapat Anda gunakan sebagai cara untuk menghilangkan flek hitam secara alami. Bumbu yang berwarna kuning ini mampu memperbaiki warna kulit yang tidak merata dan memberikan kilau wajah yang sehat. Cara menggunakannya cukup mudah, campurkan dua sendok makan bubuk kunyit ke dalam air, lalu oleskan ke seluruh wajah secara merata. Setelahnya, cuci wajah hingga bersih menggunakan air hangat.

6. Tomat

Bahwa kandungan likopen dari pasta tomat mampu mencerahkan dan melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet maupun radikal bebas lainnya. Selain mengoleskan ke wajah, Anda juga dapat mengonsumsi tomat untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Selain mendapatkan wajah yang cerah, tubuh pun sehat terlindungi dari efek radikal bebas.

Jadi itu dia cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami, yang wajib kalian cobain.