6 Makanan Khas Indonesia Yang Mendunia

Beragam makanan dari Indonesia ini ternyata mampu menarik perhatian luar negeri loh !

6 Makanan Khas Indonesia Yang Mendunia

Indonesia adalah negara yang kaya akan tradisi, budaya dan kuliner-nya. Setiap daerah di tanah air memiliki makanan khas masing-masing. Beragam makanan ini ternyata mampu menarik perhatian luar negeri. Karena begitu nikmatnya beberapa makanan asli Indonesia yang disajikan di festival yang diselenggarakan di beberapa negara di dunia. Sebut saja Sate Ayam, Rendang, Nasi Padang, dan makanan lainnya yang mampu bersaing di level internasional.

Apa saja sih makanan khas Indonesia ini yang mendunia ?. Yuk simak artikel berikut ini :

1. Rendang

Resep Rendang Lezat Spesial Iduladha

Salah satu menu makanan yang selalu digemari masyarakat Indonesia ini juga tersohor hingga penjuru dunia. Rendang, makanan khas asal Sumatera Barat yang kaya akan rasa rempah lokal ini berada di posisi pertama dalam jajaran 50 makanan dunia terenak. Rasanya yang khas dan daging yang empuk menjadi faktor penentu utama dari rendang itu sendiri. Tak jarang jika rendang menjadi salah satu makanan Indonesia yang dengan mudah mendapat hati dari masyarakat di belahan dunia.

2. Nasi Goreng

Resep Nasi Goreng Enak dan Mudah Banget, Cukup 5 Langkah!

Sebagian dari kita tentu sudah akrab dengan makanan yang satu ini, yaitu Nasi Goreng. Lebih dari itu Nasi Goreng telah berhasil menjadi Icon Indonesia. Nama makanan nasi goreng semakin menyebar luas di mancanegara, setelah presiden Amerika Serikat Barack Obama menyebutkan nama makanan nasi goreng sebagai makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia dan beberapa kali dia mengakui enaknya makanan yang satu ini.

Pada ajang “World Expo Shanghai China 2010” masakan nasi goreng menjadi suguhan yang menarik. Ajang perlombaan masak bertaraf internasional ini mampu membawa nama nasi goreng semakin dikenal di mata dunia. Acara ini mendapat respon positif dari pengunjung pameran dari berbagai negara. Nyatanya dalam sehari, sedikitnya nasi goreng yang disajikan dengan telur dadar dan sate ayam ini mampu terjual hingga 700 porsi. Nasi goreng ini menjadi salah satu makanan khas indonesia yang mendunia.

3. Gudeg

Tutorial Membuat Gudeg telor krecek by Kedai 29 Sesuai Selera

Kamu yang berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa untuk mencicipi manisnya gudeg. Gudeg merupakan jenis makanan dengan bahan dasar nangka muda. Gudeg menjadi ikon kuliner kota pelajar. Untuk rasanya, sebenarnya Gudeg memiliki rasa yang cukup manis sehingga kurang pas dengan lidah orang luar Jawa.

Namun cita rasa manis ini akan semakin nikmat manakala dihidangkan bersama dengan nasi pulen, sambel goreng krecek serta opor ayam yang gurih dan ditambahkan telur, tahu atau tempe bacem. Ada dua macam jenis gudeg, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Perbedaannya terletak pada kekentalan santan gudeg, santan gudeg kering lebih kental dibandingkan santan gudeg basah.

4. Sate Ayam

7 Resep Sate Ayam Mantap Gampang Dibuat

Kuliner Indonesia yang terkenal berikutnya adalah sate ayam. Makanan yang dibakar ini merupakan makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Terkenal dengan sate khas Madura, ternyata sate ayam mampu menghipnotis masyarakat luar negeri.

Sebuah bazar internasional yang diselenggarakan di China 2013 silam menjadi bukti sate ayam digemari oleh para pengunjung bazar. Kegiatan ini tidak hanya menyelenggarakan kuliner Indonesia saja tapi juga kuliner dari beberapa negara. Tapi menu makanan Indonesia menjadi daya tarik tersendiri.

Salah satu yang menjadi sebuah kebanggaan bagi makanan Indonesia adalah makanan sate ayam terjual habis disantap masyarakat setempat. Tak hanya di bazar saja, sebuah restoran masakan asli Indonesia mampu bersaing di tengah restoran paling mahal di New York Amerika.

5. Bakso

Bakso Malang Asli Fortuna - Sukabirus, Citeureup, Bandung - Traveloka Eats

Bakso adalah makanan khas Indonesia berkuah yang mempunyai banyak penggemar, mulai dari orangtua orangtua hingga anak-anak. Bola daging yang disebut bakso menawarkan cita rasa yang sulit ditolak oleh banyak lidah penduduk nusantara. Bicara mengenai bakso, di Indonesia terdapat bakso yang terkenal Di kota-kota di pulau Jawa, terutama di mana banyak yang ditemui penjual bakso pangkal atau berkeliling yang memberi label pada gerobaknya dengan tulisan “Bakso Malang”.

Bakso banyak dibeli saat cuaca sedang tidak bersahabat. Kuah kaldu sapi hangat dan rasa pedas dari sambal yang bercampur menjadi satu bisa membuat tubuh terasa hangat.Dalam satu mangkuk atau porsi bakso biasanya terdiri dari bakso, pangsit, mie kuning, bihun, kerupuk pangsit, taoge, tahu, telur, dan taburan bawang goreng. Bakso menjadi panganan yang mudah dijumpai. Harganya yang murah dan rasanya yang nikmat membuat banyak orang suka makanan ini.

6. Nasi Padang

Ingat lagu “Nasi Padang” yang sempat viral dan dibuat oleh bule norwegia bernama Audun Kivltan? Audun pun mengakui dan memuji kelezatan nasi Padang. Hangatnya nasi yang dicampur dengan lauk-lauk khas restoran Padang yang kaya rasa dan beraneka ragam mendorong Audun untuk membuat sebuah lagu yang menunjukkan kekagumannya akan masakan tersebut.

Tidak sampai disitu, kelezatan nasi Padang juga diakui oleh James Oseland. Dalam buku yang sama (Jakarta Street Food), James menganggap nasi Padang sebagai salah satu makanan yang kaya akan rasa dan membuatnya kagum saat menyantapnya.

Jadi itu dia makanan dari Indonesia yang terkenal/populer di mancanegara, nah mana makanan favorit kamu yang menjadi terkenal di mancanegara ?