6 Manfaat Dari Daun Sereh Untuk Tubuh Kita !!!

Selama ini manfaat daun sereh lebih dikenal sebagai bumbu dapur yang membuat masakan menjadi semakin sedap. Padahal sereh juga mengandung banyak mineral dan zat aktif yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan juga bisa menjadi obat untuk meredakan stres.

6 Manfaat Dari Daun Sereh Untuk Tubuh Kita !!!
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Manfaat daun sereh telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional. Baik tanaman ataupun ekstraknya telah digunakan untuk penyedap masakan serta untuk tujuan pengobatan selama berabad abad. Serai merupakan jenis tanaman perdu tinggi. Dengan tangkai daun yang memanjang.

Minyak esensial yang dihasilkan oleh serai dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk menyegarkan udara, mengurangi stres, dan mengangkat suasana hati. Sereh memiliki aroma segar mirip dengan lemon. Manfaat daun serai juga bisa digunakan sebagai penyedap rasa di berbagai masakan rumahan Anda.

Namun, ternyata serai juga memiliki manfaat untuk digunakan sebagai pengobatan herbal. Manfaat sereh didapat dari kandungan antioksidan dan anti-peradangannya. Sereh memiliki kandungan senyawa anti peradangan asam klorogenik, isoorientin, dan swertiajaponin. Manfaat daun serai dapat mengatasi dan mencegah berbagai gangguan kesehatan.

Yuk Simak Pembahasan Artikel Ini Untuk Kamu Ketahui Manfaat Dari Daun Sereh :

 

1. Menguatkan Tulang dan Fungsi Otot

8 Manfaat jahe dan serai untuk kesehatan

Daun sereh juga mengandung magnesium dan kalium yang berguna untuk menguatkan tulang. Mineral ini juga baik untuk meningkatkan fungsi otot, jantung, maupun saraf.

2. Menangkal Radikal Bebas

Apa saja manfaat tanaman sereh/serai? - Quora

Daun sereh mengandung zat aktif seperti asam klorogenat, swertiajaponin, dan isoorientin yang bersifat antioksidan. Selain ampuh dalam menangkal radikal bebas sereh juga baik untuk melindungi kulit.

3. Mengatasi Gigi Berlubang

Gigi Berlubang: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Manfaat daun sereh juga dari kandungan senyawa antimikroba yang efektif untuk membunuh bakteri Streptococcus mutans yang menyebabkan kerusakan gigi. Minum teh sereh mampu meredakan infeksi mulut dan gigi berlubang.

4. Anti Peradangan

Cara Mudah Mencegah Radang Tenggorokan - DokterSehat

Manfaat sereh bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat mengatasi peradangan. Dua senyawa yang ada di dalam serai yaitu citral dan geranial merupakan senyawa yang dianggap bertanggung jawab atas manfaat anti-peradangan.

Senyawa-senyawa tersebut dikatakan dapat membantu menghentikan pelepasan penyebab peradangan tertentu yang ada di dalam tubuh. Dengan sifat anti peradangan tersebut, serai dapat mencegah berbagai peradangan seperti flu, sakit tenggorokan, hingga masalah pencernaan akibat peradangan.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

8 Manfaat jahe dan serai untuk kesehatan

Manfaat sereh bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Air rebusan sereh bisa digunakan sebagai minuman detoksifikasi untuk melancarkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

6. Redakan Gejala Menstruasi

Amankah Menunda Haid untuk Sementara? • Hello Sehat

Bagi para kaum wanita, air rebusan sereh memiliki manfaat yang dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi kram pada saat menstruasi, kembung, dan rasa panas. Sereh memiliki sifat yang menenangkan perut dan anti inflamasi. Selain itu, minyak sereh juga berguna untuk membantu mendinginkan tubuh.