6 Tantangan Dunia Pekerjaan Marketing

Apapun bidang pekerjaanmu, pasti selalu ada tantangan yang harus dihadapi. Di dunia marketing pun, ada tantangan tersendiri yang akan kamu hadapi.

6 Tantangan Dunia Pekerjaan Marketing

Apapun bidang pekerjaanmu, pasti selalu ada tantangan yang harus dihadapi. Di dunia marketing pun, ada tantangan tersendiri yang akan kamu hadapi. Dengan mengetahui berbagai tantangan dapat memberikan gambaran industri dan dapat mengantisipasi hal-hal tersebut dengan perencaaan yang tepat.

Supaya kalian dapat memahami bagaimana rasanya bekerja di dunia marketing , yuk, simak artikel berikut ini !

1. Mengundang  lalu lintas  dan  timbal

Traffic  dan  lead  adalah tantangan pertama yang paling umum ketika bekerja di  dunia marketing . Dengan banyaknya opsi platform untuk merilis dan mempromosikan konten yang dibuat, maka strategi untuk mengundang traffic  serta lead  pun turut berubah.

Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan membuat konten berkualitas tinggi dan mengetahui jenis konten seperti apa yang diinginkan audiens. Selain itu, promosikan konten dengan cara yang menarik perhatian audiens seperti melalui media sosial atau podcast , yang juga dapat meningkatkan  brand awareness .

2. Melacak ROI dari kegiatan pemasaran

Tantangan selanjutnya ketika bekerja di dunia  pemasaran  adalah melacak ROI ( return of investment ) dari setiap kegiatannya. ROI sendiri dapat menunjukkan apakah sebuah  kampanye  berhasil atau tidak.

Menurut Hubspot , melacak ROI dari setiap aktivitas pemasaran  tidak ada hal mudah. Apa jika tidak ada komunikasi dua arah antara kegiatan  pemasaran  dan laporan  penjualan . Agar terbantu dalam melacak ROI, kamu bisa mencoba menggunakaan alat  pengukuran analitik yang dapat memberi statistik seperti  kunjungan halaman  dan  peringkat situs web -mu.

3. Menjaga  budget  agar tetap cukup

Tantangan di dunia pemasaran  lainnya adalah menjaga anggaran  untuk aktivitas pemasaran tetap cukup dan tidak melebihi batas.Tanpa  pendanaan  yang kuat, kamu tidak akan bisa memaksimalkan potensi  pemasaran  dan juga memperlambat perkembangan perusahaan. Oleh karena itu, penting bagimu untuk menunjukkan nilaimu kepada para pemimpin perusahaan. Salah satu strateginya adalah dengan melacak dan melaporkan  metrik kinerja  dari setiap kegiatan  pemasaran . 

4. Berimbang mengambil risiko

kebimbangan untuk mengambil risiko atau mengubah strategi pemasaran  adalah salah satu tantangan yang nyata. Tanpa keberanian untuk mengambil risiko, hal ini akan membantu menemukan teknik pemasaran  yang efektif, tertinggal dari tren, dan juga perusahaanmu sulit berkembang. Untuk menanggulanginya, kamu bisa memperhatikan keadaan untuk mengetahui strategi yang tepat dan tren baru apa yang bisa dimanfaatkan. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mengaplikasikannya secara bersamaan dengan strategimu sekarang ini. Lalu, lihat tingkat kesuksesannya.

5. Retensi pelanggan

Retensi pelanggan  adalah salah satu tujuan utama dalam pemasaran. Karena itu, hal ini juga adalah salah satu tantangan dalam pemasaran . Hal ini karena, mencari konsumen baru memiliki biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, agar biaya yang digunakan tetap efektif dan dapat mendulang keuntungan,  retensi pelanggan  sangat penting. Retensi pelanggan  yang rendah dapat mengakibatkan biaya pemasaran dan pengiklanan perusahaan lebih tinggi dibandingkan dengan pendapatannya. Agar  customer retention  tinggi, cobalah untuk menawarkan diskon atau melakukan email marketing  agar bisa menjaga hubungan konsumenmu.

6. Memilih taktik yang efektif

Ada beragam cara untuk menjangkau konsumen. Sehingga, penting bagimu untuk memilih dan menentukan taktik dan strategi yang efektif dalam kegiatan  pemasaran . Sebuah kampanye  dengan taktik yang efektif dapat mengurangi biaya dan meningkatkan keuntungan. Meski begitu, hal ini pun menjadi salah satu tantangan di dunia marketing.

Salah satu cara untuk mengetahui taktik paling efektif adalah dengan mengukur seluruh  kampanye  di setiap  platform dengan menggunakan metrik yang sudah ditentukan. Hal ini dapat membantumu untuk mengetahui platform dan taktik apa yang terbaik dan juga fokus aktivitas  pemasaran  di sana.