7 Barang-Barang Yang Wajib Dibawa Saat Ingin Mendaki Gunung

Sebelum mendaki gunung, pastinya ada beberapa barang penting yang nggak boleh sampai ketinggalan. Selain itu

7 Barang-Barang Yang Wajib Dibawa Saat Ingin Mendaki Gunung

Naik gunung memang sudah menjadi salah satu agenda liburan yang paling populer. Terlebih lagi, Indonesia merupakan negara ketiga yang punya gunung merapi terbanyak setelah Amerika Serikat dan Rusia. Hal inilah yang menyebabkan pendakian gunung di Indonesia masih menjadi kegiatan yang tidak membosankan.

Sebelum mendaki gunung, pastinya ada beberapa barang penting yang nggak boleh sampai ketinggalan. Selain itu, kamu juga perlu mengenakan outfit yang pas untuk mempermudah pendakianmu dan bisa melindungi tubuhmu.

Nah, kira-kira barang apa saja sih yang harus kamu bawa? Berikut ini ada beberapa barang penting yang wajib dibawa saat ingin naik gunung!

1. Tenda

7 Inspirasi Tenda Transparan yang Membuat Camping-mu Semakin Seru

Terkadang, barang yang paling wajib ini seringkali menjadi barang yang paling malas untuk dibawa. Kenapa? Karena bobotnya berat dan terpisah menjadi beberapa bagian. Usahakan juga kamu bawa tenda sendiri agar bisa meminimalisir biayamu.

2. Jaket

SPESIFIKASI JAKET GUNUNG TERBAIK DAN TIPS DALAM MEMILIHNYA – Akasaka Outdoor

Mendaki gunung di negeri tropis Indonesia, pasti tak lengkap apabila tidak menggunakan jaket. Bawalah 2 Jaket, satu untuk menjaga kehangatan. Jaket yang kedua khusus untuk mencegah air ketika hujan seperti jas hujan atau parka. Penggunaan jaket juga bisa membantumu menghindari terjadinya hipotermia.

3. Jas Hujan

Penemuan yang Mengubah Dunia: Jas Hujan, dari Jerami hingga Plastik Halaman  all - Kompas.com

Perubahan cuaca yang terjadi saat tiba-tiba, membuat para pendaki wajib memasukkan jas hujan sebagai alat-alat naik gunung. Apabila kamu tidak memilikinya, besar kemungkinan keinginanmu untuk mendaki hingga puncak gunung tidak akan terealisasikan.

Umumnya, kamu bisa menggunakan jas hujan yang khusus untuk pendaki gunung. Namun bila harganya terasa mahal, jas hujan sehari-hari yang terbuat dari bahan plastik pun bisa kamu gunakan. Sebaiknya bawa dua jenis jas hujan, yaitu jas hujan egois dan jas hujan batman. Jas hujan egois digunakan untuk melindungi tubuh, sedangkan jas hujan batman untuk melindungi tas gunungmu dari air hujan.

4. Bahan dan Peralatan Masak

6 Alat Masak Camping yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung - Sportivitas.Net

Selama mendaki, tubuh membutuhkan asupan gizi yang tepat sebagai penambah stamina dan merupakan salah satu langkah terbaik untuk menghindari serangan hipotermia yang biasanya terjadi secara tiba-tiba. Oleh karenanya, kamu wajib membawa bahan makanan dan camilan sehat untuk menghindari rasa lapar dan haus ketika mendaki gunung. Bila bahan makanan yang kamu bawa ternyata masih dalam keadaan mentah, sebaiknya bawa pula peralatan memasak seperti kompor kecil, gas kaleng, cooking set, hingga pisau.

5. Peralatan Medis

Peralatan P3K Standar yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Alat-alat naik gunung lainnya yang wajib dibawa adalah peralatan medis. Perubahan cuaca yang terjadi secara tiba-tiba saat mendaki, kemungkinan bisa mempengaruhi tubuhmu. Oleh sebab itu, bila tubuh sudah terasa tidak enak, segeralah ambil peralatan medis dan konsumsi obat-obat antibiotik.

Pasalnya memaksakan tubuh yang kurang prima saat mendaki gunung, justru berisiko mendatangkan berbagai penyakit yang dapat merenggut nyawa, salah satunya hipotermia. Selain obat-obatan, kamu juga bisa membawa deker elastis, bidai, dan perban sebagai bentuk antisipasi bila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan, seperti patah tulang atau terkilir.

6. Sepatu Hiking

10 Sepatu Gunung Terbaik Untuk Wanita - Cekresi.com

Sepatu hiking merupakan salah satu alat-alat naik gunung yang wajib dibawa saat mendaki. Sepatu ini memiliki fungsi berbeda dari sepatu pada umumnya, yang mana sepatu hiking dapat meminimalisir risiko cedera pergelangan kaki saat tergelincir di medan berat. Terkait pemilihan bahannya sendiri, kamu dapat menggunakan sepatu hiking yang memiliki alas empuk, waterproof, dan grip tebal.

7. Senter

10 Rekomendasi Senter Kepala Terbaik di Indonesia 2021

Ketika malam tiba, kamu pasti membutuhkan sebuah alat untuk menerangi gelap. Agar kamu tidak tersesat saat mendaki gunung di malam hari, bawalah senter untuk membantumu sampai ke tujuan. 

Jadi itu dia barang-barang yang wajib kamu bawa saat ingin mendaki gunung.