7 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Daun binahong atau dikenal juga dengan daun madeira vine memiliki khasiat sebagai antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, dan antinyeri yang penting untuk kesehatan tubuh.

7 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat daun binahong tak perlu diragukan lagi. Tanaman yang memiliki nama latin Anredera cordifolia ini merupakan salah satu tanaman berkhasiat tinggi yang dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit kronis. Bahkan, hampir seluruh bagian tumbuhan binahong bisa dimanfaatkan dalam terapi herbal.

Daun binahong atau dikenal juga dengan daun madeira vine memiliki khasiat sebagai antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, dan antinyeri yang penting untuk kesehatan tubuh. Khasiat ini didukung oleh berbagai kandungan senyawa alami di dalamnya, meliputi flavonoid, saponin, dan tanin.

Berkat kandungan dan khasiat tersebut, manfaat daun binahong bagi kesehatan sangatlah banyak. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Maag

Maag bisa menyerang siapa saja. Saat maag kambuh, Anda pasti merasa tidak nyaman. Daun binahong efektif mengobat maag, solusi untuk Anda yang enggan minum obat kimia.  Anda cukup rebus 10 lembar daun binahong dengan satu gelas air sampai mendidih. Anda minum air rebusan binahong tiga kali sehari. 

2. Gagal ginjal 

Daun binahong dipercaya efektif mengobati gagal ginjal. Untuk membuat obat herbal gagal ginjal dari daun binahong cukup mudah.  Anda rebus 10 gram - 15 gram daun binahong segar dengan segelas air sampai mendidih. Anda minum air rebusan daun binahong tiga kali sehari sebelum makan. 

3. Jerawat 

Jerawat adalah musuh para kaum hawa. Ternyata, daun binahong efektif mengobati jerawat. Anda cukup bubuhkan daun binahong yang sudah dihaluskan ke permukaan wajah. Untuk merasakan manfaat yang maksimal, Anda minum rebusan daun binahong dengan ditambahkan sedikit madu. 

4. Mengiobati luka 

Daun binahong memiliki efek farmakologis antimikroba yang berperan mencegah infeksi pada luka. Anda cukup tempelkan daun binahong di atas luka yang baru. Daun binahong mampu menyembuhkan dengan cepat luka tersebut. 

5. Batuk 

Daun binahong juga bisa menyembuhkan batuk, solusi untuk Anda yang enggan minum obat batuk kimia. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda cukup minum air rebusan daun binahong. 

6. Sesak nafas 

Daun binahong juga bermanfaat sebagai obat herbal untuk sesak nafas. Untuk merasakan manfaatnya, Anda rebus 7 lembat daun binahong dengan 2 gelas air sampai mendidih dan menyisahkan 1 gelas air.  Anda minum air rebusan daun binahong selagi hangat. Anda sebaiknya minum obat herbal tersebut secara rutin. 

7. Melancarkan haid

Kaum perempuan merasa tidak nyaman saat haid tidak lancar. Daun binahong bermanfaat untuk membantu melancarkan haid. Untuk merasakan manfaatnya Anda rebus 3 lembar daun binahong dengan dua gelas air sampai mendidih dan menyisahkan setengahnya.  Anda minum air rebusan daun binahong secara rutin. 

Nah jadi itu dia manfaat yang ada di dalam daun Binahong.