Ada 5 Manfaat Dari Kerang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh Kita Loh, Jika Kita Mengkonsumsinya

Bukan hanya enak di santap, ternyata manfaat kerang hijau bagi tubuh juga sangat banyak. Lalu apa saja sih manfaat yang didapat dalam kerang hijau. Yuk simak penjelasan berikut ini

Ada 5 Manfaat Dari Kerang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh Kita Loh, Jika Kita Mengkonsumsinya

Ada beberapa jenis kerang yang banyak tersedia di Indonesia. Jenis kerang yang banyak ditemui di antaranya adalah kerang dara dan kerang hijau. Keduanya sama-sama bernutrisi selama Anda memilih kerang yang segar.

Namun saya kali ini ingin membahas manfaat dari kerang hijau, karena kerang hijau adalah salah satu kerang yang paling sering kita jumpai. Kerang ini sering dijajakan, baik di restoran maupun di penjual kaki lima. Tekstur kenyal dengan banyaknya pilihan bumbu membuat kerang hijau menjadi salah satu makanan laut favorit. Bukan hanya enak di santap, ternyata manfaat kerang hijau bagi tubuh juga sangat banyak.

Lalu apa saja sih manfaat yang didapat dalam kerang hijau. Yuk simak penjelasan berikut ini :

1. Mengurangi gejala yang ditimbulkan osteoarthritis

Setidaknya ada empat penelitian yang mengamati efek kerang hijau pada pasien yang mengidap osteoarthritis. Pasien dengan osteoarthritis akan merasakan nyeri di sendi akibat adanya pembengkakan yang timbul karena gesekan antar ujung tulang penyusun sendi.Semua penelitian yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa konsumsi kerang hijau sebagai terapi pendamping di samping obat-obat osteoarthritis dapat mengurangi rasa sakit dan memberikan peningkatan fungsi sendi. Kerang hijau juga secara siginfikan dapat mengurangi efek tidak nyaman pada perut yang muncul dari penggunaan obat antinyeri yang biasa diberikan ke pasien osteoarthritis.

2. Memperlambat Proses Penuaan

Salah satu manfaat kerang hijau yang pastinya dicari oleh semua orang, yaitu mampu memperlambat proses penuaan. Sebab, makanan laut ini mengandung asam lemak omega-3 dan 6, yang mana keduanya merupakan nutrisi yang diperlukan dalam menjaga kesehatan. Bahkan, kita dapat mengobati berbagai jenis penyakit, baik itu besar maupun kecil, hanya dengan menggabungkan asam lemak omega-3 dan 6 lho. Kandungan ini dianggap memiliki kemampuan dalam menangkal faktor-faktor yang berkontribusi pada penuaan dini, yang juga bisa merusak organ tubuh sebagai hasilnya. Terdapat sejumlah hal yang bisa berisiko pada penuaan dini, seperti kebiasaan merokok, terlalu sering mengkonsumsi makanan olahan, radikal bebas dalam tubuh, dan lain-lain.

3. Menjaga kesehatan jantung

Anda bisa mendapatkan asupan asam lemak omega-3 yang tinggi dalam satu porsi kerang segar. Asam lemak omega-3 sendiri mampu menurunkan kadar trigliserida yang terlalu tinggi. Kadar trigliserida yang tinggi berisiko menyebabkan berbagai masalah jantung seperti pengerasan pembuluh arteri dan serangan jantung. Akan tetapi, jangan makan kerang secara berlebihan. Pasalnya, kerang mengandung kolesterol. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi juga berisiko buat kesehatan jantung Anda.

4. Menjaga Fungsi Sistem Saraf

Tubuh manusia memerlukan vitamin B12 yang berperan penting dalam membantu sistem saraf agar dapat berfungsi dengan baik. Kekurangan vitamin B12 akan membuatmu berisiko mengalami kerusakan saraf hingga penurunan fungsi otak. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk memenuhi asupan vitamin B12 setiap hari. Salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi kerang yang kaya akan vitamin B12.

5. Meningkatkan Aliran Darah

Kerang hijau juga memiliki fungsi untuk membuat sirkulasi darah yang sehat ke organ vital dan otot dengan memperkuat dinding arteri serta meningkatkan aliran darah. Jadi, manfaat kerang hijau yang bisa didapatkan adalah sistem peredaran darah yang sehat.

Nah jadi itu dia 5 manfaat yang ada di dalam kerang hijau jika kita mengkonsumsinya.