Ada Beberapa Fitur Yang Bisa Didapat Di Sistem Android 11

Android 11 yang dirilis Google pada September 2020 mendapatkan pembaruan dengan fokus lebih kepada privasi

Ada Beberapa Fitur Yang Bisa Didapat Di Sistem Android 11

Android 11 yang dirilis Google pada September 2020 mendapatkan pembaruan dengan fokus lebih kepada privasi, seperti izin aplikasi yang lebih ketat dan kontrol notifikasi yang jauh meningkat.

Jika biasanya tombol power hanya berfungsi untuk mematikan dan menyalakan ponsel, kini memiliki fungsi beragam. Banyak tambahan lain yang membuat pengalaman menggunakan smartphone Android semakin menyenangkan.

Versi Android ini telah menjangkau luas ke berbagai jenis perangkat dan merek handphone. Mulai dari Google Pixel sendiri, Samsung, Oppo, Vivo hingga Xiaomi. Lantas, apa saja yang membuat sistem operasi ini bisa diandalkan?

1. Tombol “Power” Multifungsi

android 11

Fitur terbaru yang terlihat cukup mencolok adalah tombol power yang memiliki lebih banyak fungsi. Jika biasanya tombol power hanya berfungsi untuk menyalakan, mematikan, dan restart ponsel. Kini, tersedia fitur kartu debit, Google Pay Credit, dan berbagai tombol untuk perangkat rumah pintar atau smart home devices.

Mematikan lampu, menyalakan TV, hingga menutup pintu kini dapat dilakukan dengan satu klik di perangkat berbasis Android 1. Namun, perlu diperhatikan bahwa peralatan rumah tersebut juga mendukung fitur ini. Google tidak mengharuskan para produsen ponsel untuk menerapkan fitur ini, jadi kamu hanya akan melihat fitur power yang canggih di handset tertentu, seperti ponsel Google Pixel.

2. Kontrol Media yang Dinamis

android 11

Kontrol media masuk ke dalam pembaruan Android 11 yang terbaru, fitur ini sangat memudahkan pengguna saat mendengarkan lagu tanpa perlu membuka aplikasi. Jika biasanya kontrol pemutar media masuk ke dalam bagian notifikasi, kini fitur terbaru Android 11 memindahkan pemutar media di bawah panel Quick Settings.

Scroll ke bawah dari atas layar untuk melihat pemutar media dan scroll lagi untuk melihat dalam ukuran penuh. Selain itu, pengguna Android 11 dapat mengatur pemutaran video YouTube dan mengatur speaker yang akan dipakai dalam pemutaran lagu.

3. Perekam Layar Bawaan

android 11

Kabar gembira, akhirnya Google menambahkan fitur perekam layar bawaan untuk smartphone! Pada awalnya, merekam layar hanya bisa dilakukan dengan menginstal aplikasi tambahan, kini bisa dilakukan dalam ponsel berbasis Android 11.

Untuk menemukan fitur ini, scroll ke bawah dan menemukan fitur screen recording. Merekam layar jadi lebih mudah dengan satu kali klik. Gambar dan kualitas audio juga jangan diragukan lagi karena hasilnya pasti jernih dan baik. Selain merekam layar, kamu juga dapat merekam suara dan berbagai sentuhan layar.

4. Kontrol Notifikasi Jauh Lebih Baik

android 11

Biasanya notifikasi yang banyak dan cukup berantakan biasanya membuat kita malas untuk membacanya. Siapa sangka, kontrol notifikasi ini Android 11 jauh lebih baik dan membuat para pengguna ponsel merasa nyaman. Android 11 dapat mengatur semua percakapan dari pesan teks dan aplikasi obrolan yang muncul di bagian masing-masing dan terpisah dari notifikasinya.

Kamu dapat mengizinkan percakapan muncul secara normal, mengaturnya agar menjadi prioritas bagian atas hingga menjadikan notif kontak tersebut menjadi “silent.” Di mana hal itu akan menonaktifkan suara notifikasi dan membuatnya muncul di daftar bagian bawah.

5. Riwayat Pemberitahuan

android 11

Terkadang kita secara tidak sengaja menghapus seluruh pemberitahuan atau notifikasi yang muncul di ponsel karena merasa sudah membacanya atau tidak penting. Namun, siapa tahu kamu melewatkan informasi penting tetapi sudah hilang dalam notifikasi.

Android 11 menghadirkan fitur riwayat pemberitahuan yang memungkinkan kamu melihat semua pemberitahuan yang kamu hapus dalam 24 jam terakhir. Fitur canggih yang satu ini sangat dibutuhkan oleh semua orang termasuk kamu yang memiliki jadwal harian cukup padat.