Anda Harus Tahu Ini Ketika Ingin Melakukan Kegiatan Panjat Tebing.!!!

Kegiatan panjat tebing lebih diminati oleh berbagai orang yang memiliki keberanian yang tinggi, tapi kegiatan olahraga ini bisa dilakukan semua orang dengan teknik pemanjatan yang berbeda-beda. pemanjatan ini memiliki banyak teknik yang bisa digunakan berupa teknik Artificial hingga Teknik Free Climbing.

Anda Harus Tahu Ini Ketika Ingin Melakukan Kegiatan Panjat Tebing.!!!
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Siapa tidak tahu kegiatan Rock climbing salah satu olahraga ekstrem yang sangat berbahaya yang membutuhkan keberanian yang sangat tinggi. kegiatan Rock climbing sering dilakukan dengan tebing-tebing yang sangat tinggi namanya saja sudah rock masa memanjat di tembok, kalo memanjat papan panjat yang biasa ada didaerah daerah bahkan di universitas yang ada organisasi pecinta alamnya maka itu disebut Wall Climbing. Berikut macam-macam jenis teknik dari kegiatan Rock Climbing pada tebing.

 

1. Teknik Artificial

Teknik ini sering dilakukan oleh para pemanjat tebing. Teknik ini melalui jalur bawah atau dimulai dari bawah proses pemanjatannya dengan menggunakan alat-alat pendukung. teknik ini membutuhkan banyak latihan baik dari latihan kekuatan dalam memanjat hingga keahlian dalam menyimpul tali demi tali dan menggunakan alat bernama runner untuk dapat menempelkan pengaman supaya pemanjat tidak jatuh terhempas dengan jauh. Dimulai dengan memasang anchor dibawah untuk memulai pemanjatannya kemudian pemanjat memanjat dengan di Belay oleh seorang Belayer.

Apa itu Belayer, Belayer adalah seorang yang siap untuk menjaga jika pemanjat akan jatuh dengan tali yang ada. nah, teknik ini mengharuskan seorang belayer yang awal menjaga pemanjat pertama untuk menyusul pemanjat pertama ke atas. ketika belayer pertama memanjat pastikan pemanjat pertama sudah berada dipuncak tebing itu, dan pemanjat yang sudah berada di puncak tebing dan berganti posisi dengan belayer dengan arti, pemanjat yang sudah di puncak akan menjadi belayer untuk belayer yang akan mulai memanjat dan belyaer yang sekarang melakukan pemanjatan akan melakukan clean alat runner tersebut pada jalur tebing

 

2. Teknik Rooftop

Teknik yang biasa digunakan pada Wall Climbing dengan menggunakan anchor di atas papan panjat. bagaimana  dengan di tebing panjat, teknik ini akan memilih tebing yang ada jalur artenatifnya untuk melakukan pemasangan teknik Rooftop ini. sama halnya dengan di papan panjat. dengan terlebih dahulu memasang Anchor puncak tebing dengan alat yang sudah tersedia.

Seperti teknik Artificial, teknik ini membutuhkan seorang Belayer untuk menjaga orang yang sedang memanjat, Belayer pada teknik ini membutuhkan alat berupa Figure 8 dan Carabiner untuk menjaga agar tali panjat tidak mendapat banyak gesekan. Teknik ini memungkinkan untuk semua orang yang berpatisipasi dalam kegiatan panjat dapat mencobanya dikarena pengaman yang sudah dipasang dan semua yang mesti disiapkan.

 

3. Teknik Boulder

Teknik sering dilakukan ketika para pemanjat melakukan latihan dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kekuatan pada tangan maupun anggota tubuh lain. Teknik ini membuat anda harus menginjak poin-poin yang ada pada papan mau lobang yang ada tebing, dan pemanjat dilarang menginjak ataupun mmegang selain poin tersebut, jika pemanjat memegang poin yang tidak disebutkan maka pemanjat dinyatakan gagal atau mengulan dari poin awal lagi, biasanya teknik ini lebih sering digunakan dalam perlombaan.

 

4.  Teknik Free Climbing

Teknik pemanjatan ini menggunakan lobang ataupun celah yang ada pada tebing yang dipanjat dengan menggunakan anggota badan yang seolah-olah berfungsi sebagai pasak. Pada teknik ini, tidak ada alat pengaman diri ketika memanjat tebing, sebaik-baiknya pengaman dalam teknik ini dalah diri sendiri dan alat yang digunakan bukan berupa alat pengaman dalam pemanjatan yang digunakan yaitu berupa magnesium untuk tangan pemanjat dan chalk bag sebagai tempat untuk menampung magnesium yang akan dibawa pemanjat.