Apa Itu Tes Psikotes ?, Yuk Simak Ulasannya Berikut Ini

Psikotes adalah salah satu jenis tes yang harus Kamu kenali khususnya saat mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja

Apa Itu Tes Psikotes ?, Yuk Simak Ulasannya Berikut Ini

Psikotes merupakan salah satu jenis tes yang biasanya diselenggarakan dalam proses perekrutan karyawan di suatu perusahaan. Psikotes adalah tahap penting yang harus dilewati jika Kamu ingin lolos dan diterima bekerja. Agar bisa menghadapi tes ini dengan baik, maka terlebih dahulu Kamu harus paham tentang pengertian dari psikotes itu sendiri. Berikut adalah pembahasan mengenai makna psikotes.

1. Pengertian

Psikotes bisa diartikan sebagai sebuah tes psikologi. Kamu biasa menemui jenis tes ini saat melamar pekerjaan. Tapi tak hanya itu, beberapa universitas juga menyelenggarakan tes ini sebagai salah satu tahapan seleksi mahasiswa. Tes ini tidak menguji sejauh apa kemampuan otak atau ilmu yang Kamu miliki melainkan lebih ke penilaian mental dan karakter.

Psikotes merupakan sebuah evaluasi baik berupa tertulis, verbal, maupun visual. Tes ini akan dilakukan oleh psikolog atau bisa juga orang yang ahli di dunia psikologi. Tes ini akan memberikan hasil penilaian mengenai fungsi kognitif serta kondisi emosional dari individu.

2. Fungsi

Sesuai penjelasan mengenai makna dari psikotes itu sendiri, jelas bahwa tes ini berfungsi menilai kondisi mental seseorang. Kondisi yang dinilai meliputi kepribadian, kemampuan, fungsi neurologis, tingkah laku, sifat, dan lain sebagainya. Secara garis besar, tes ini dilakukan untuk mengenal lebih dalam karakter seseorang.

3. Jenis Psikotes

Psikotes dibagi menjadi beberapa jenis yang tentu secara keseluruhan akan mengarah pada kesimpulan kepribadian seseorang. Dimulai dari tes psikologi intelegensi yang mengarah pada keterampilan seseorang untuk menyelesaikan suatu masalah. Kemudian ada tes psikologi minat yang bertujuan untuk mengetahui minat dan bakat dari seseorang.

Selanjutnya ada tes psikologi bakat. Jenis tes ini digunakan untuk menilai kemampuan berbahasa, berpikir, penalaran, visualisasi, dan lain sebagainya. Lalu ada juga tes psikologi kepribadian yang tentu saja mengukur kepribadian individu. Dari tes kepribadian ini bisa didapatkan informasi lengkap mengenai aspek kepercayaan diri, pengendalian diri, kemandirian, komitmen, dan lain sebagainya.

4. Terbilang Sulit

Psikotes adalah salah satu jenis tes yang banyak dinilai sulit. Ada banyak orang yang mengeluh tidak bisa lolos masuk kerja karena gagal di bagian psikotes. Kondisi ini sebenarnya bukan kegagalan dari individu tersebut dalam menyelesaikan tes. Jika tidak lolos psikotes, maka artinya karakter yang dimiliki oleh individu tersebut tidak sesuai dengan posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

5. Menilai Kondisi Kesehatan

Psikotes juga bisa digunakan untuk menilai kondisi kesehatan seseorang. Khususnya untuk kondisi kesehatan mental. Tes ini akan dilakukan oleh psikiater atau psikolog untuk mengetahui seperti apa status kesehatan mental seseorang.

Itulah beberapa hal yang perlu dipahami sehubungan dengan psikotes. Psikotes adalah salah satu jenis tes yang harus Kamu kenali khususnya saat mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja. Kamu juga bisa mempersiapkan diri menghadapi psikotes dengan berlatih soal-soal secara online.