Apa Penyebab Penyakit Asma?

Apa Penyebab Penyakit Asma?

Asma merupakan jenis penyakit jangka panjang atau kronis yang berada pada saluran pernapasan. Penyakit asma ini ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran pernapasan yang menimbulkan sesak bahkan sulit untuk bisa bernapasa secara normal. Selain sulit untuk bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi (Suara siulan bernada tinggi yang muncul ketika bernapas). Penyakit asma ini bisa diderita oleh semua golongan usia, baik anak kecil hingga orang tua. 

Bagi seseorang yang memiliki penyakit asma, saluran pernapasannya cenderung lebih sensitif dibandingkan dengan orang lain yang tidak memiliki penyakit asma tersebut. Ketika paru-paru mengalami gangguan akibat beberapa pengaruh yang bisa menyebabkan asma, maka otot-otot saluran pernapasan penderita asma akan menjadi kaku dan berdampak pada penyempitan saluran pernapasan. 

Yuk kita kenali apa yang menjadi penyebab timbul nya penyakit asma pada seseorang.

1. Genetika

Asma termasuk kategori penyakit yang bisa diturunkan dalam keluarga. ketika seseorang dalam keluarga, baik itu ayah atau ibu, pasti salah satu anaknya kemungkinan besar akan mengidap penyakit asma juga nantinya. Untuk penyebab yang pertama ini tentu tidak bisa dihindari, karena penyakit keturunan tidak akan terus menerus ada pada setiap generasi berikutnya. Yang bisa dilakukan hanyalah mencegah dengan pengobatan yang sesuai dengan penyakit asma tersebut.

2. Lingkungan

Melakukan dengan alergen, iritasi tertentu, atau mengalami paparan infeksi virus ketika bayi atau pada anak berusia dini dengan sistem kekebalan tubuh yang belum tinggi bisa menjadi penyebab terkenanya penyakit asma.

Paparan zat kimia dan debu tertentu di lingkungan kita tinggal atau lingkungan di sekitar kita berperan sangat besar dalam menyebabkan terkenanya seseorang dengan penyakit asma. Sehingga kita perlu sekali untuk menjauh dari lingkungan yang tidak sehat, agar bisa terhindar dari segala bentuk penyakit yang mengintai kesehatan tubuh kita.

3. Infeksi Pernapasan

Ketika paru-paru mengalami pengembangan saat bayi dan anak-anak berusia dini, infeksi pernapasan tertentu bisa menjadi efek timbulnya peradangan dan merusak jaringan paru-paru di dalam tubuh.

Kerusakan yang terjadi saat bayi atau masih berusi dini tersebut bisa berdampak pada fungsi paru-paru di masa yang akan datang ketika mereka sudah memasuki fase dewasa. Sehingga merawat anak dari gangguan pernapasan menjadi solusi yang bisa diterapkan agar mereka terhindar dari berbagai penyakit pada pernapasan di kemudian hari.

4. Alergi

Alergi merupakan salah satu penyebab paling umum dari kumatnya penyakit asma. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa alergi dan asma sebenarnya saling berkaitan satu sama lain. Hal itu karena penyakit alergi kronis yang menyebabkan peradangan pada lapisan dalam hidung. Reaksi alergi pada penderita rhinitis alergi membuat sistem imun melepaskan antibodi bernama histamin yang beredar melalui aliran darah ke seluruh organ tubuh untuk nantinya bisa memunculkan beragam gejala.

Gejala yang bisa terjadi antara lain seperti mata berair, bersin tanpa henti, pilek tiba-tiba, tenggorokan gatal, bahkan hingga terjadi sesak napas yang menjadi gejala khas dari penyakit asma.