Apa Sih Perbedaan RAM Dan ROM Terhadap Smartphone Yang Kita Pakai

Pilihan smartphone kini semakin canggih. Mulai dari kualitas kamera hingga layar sudah berkembang sangat pesat

Apa Sih Perbedaan RAM Dan ROM Terhadap Smartphone Yang Kita Pakai

Pilihan smartphone kini semakin canggih. Mulai dari kualitas kamera hingga layar sudah berkembang sangat pesat. Dengan adanya kemajuan teknologi yang cepat pada handphone (HP), jangan sampai kamu memilih produk berkualitas rendah.

Untuk mengetahui kualitas sebuah ponsel pintar, hal yang wajib kamu lakukan sebelum melakukan pembelian tentunya adalah memahami spesifikasinya. Salah satu spesifikasi penting yang yang harus kamu perhatikan adalah RAM dan ROM.

Lalu, sebenarnya apa itu RAM dan ROM? Seperti apa fungsinya, dan bagaimana cara membedakannya?

Perbedaan RAM dan ROM

RAM dan ROM adalah komponen memori penyimpanan dalam HP. Keduanya memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda. Meski begitu, keduanya sama-sama mempengaruhi kinerja perangkat.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita bahas secara tuntas tentang RAM dan ROM di bawah ini:

Apa itu RAM?

perbedaan ram dan rom

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. RAM bekerja sebagai memori utama dalam ponsel. Ia berfungsi untuk menyimpan data dari program atau aplikasi yang dijalankan.

Sesuai namanya, RAM  bisa menyimpan data yang dapat diakses secara acak dan memiliki sifat selalu berubah-ubah.

Data yang ada pada RAM disimpan sementara dan akan terhapus apabila pasokan listrik terputus (misalnya pada saat baterai habis atau ponsel dimatikan). Sifat RAM yang demikian disebut juga sebagai volatile.

Semakin besar RAM, kinerja smartphone dalam menjalankan program secara bersamaan akan semakin baik karena setiap aplikasi yang dijalankan akan menggunakan sejumlah ruang pada memori.

Semakin banyak aplikasi yang digunakan, semakin banyak pula ruang memori terpakai. Saat memori tak memiliki ruang lebih, aplikasi akan menggunakan ruang memori secara bergantian dan menyebabkan kinerja melambat. Oleh karena itu, saat kapasitasnya semakin besar, kinerjanya akan semakin lancar.

Variasi pilihan RAM pada perangkat mobile cukup beragam. Seperti 2 GB, 4 GB, 6 GB, 8 GB, bahkan 12 GB. Besaran RAM harus kamu pilih berdasarkan tujuan penggunaan handphone.

Jika kamu mencari HP untuk bermain game, RAM 4 GB sudah cukup untuk digunakan saat ini. Namun tentunya, jika kamu memiliki budget lebih, pilihlah gawai dengan RAM yang lebih tinggi agar mampu memberikan performa terbaik saat ber-multitasking.

Apa itu ROM?

perbedaan ram dan rom

ROM adalah singkatan dari Read Only Memory. ROM lebih sering dikenal dengan sebutan memori internal. ROM berfungsi untuk membaca dan menyimpan  data permanen yang tidak mudah diprogram juga diubah.

Sederhananya, ROM adalah storage yang kamu gunakan untuk menyimpan gambar, audio, dan dokumen lain yang mendukung berjalannya sistem dan aplikasi dalam handphone-mu.

Berbeda dengan RAM, data yang tersimpan pada ROM tidak akan hilang ketika tidak dialiri listrik sehingga akan tetap ada meskipun HP mati atau kehabisan baterai.

Variasi pilihan ROM sangat beragam dan kini angkanya semakin besar. Terdapat pilihan ROM berukuran 32 GB, 64 GB, 128 GB, 256 GB, hingga 512 GB. Biasanya ROM ukuran besar hanya terdapat pada smartphone flagship.

Jika kamu ingin membeli device baru, pilihlah dengan ROM ideal, yaitu 128 GB atau lebih tinggi. Kini HP dengan ROM tinggi sangat dibutuhkan karena gambar atau video yang diambil dari kamera saat ini memiliki kualitas tinggi. Sehingga akan memakan memori yang cukup besar.

Namun, jika kamu terkendala oleh budget, pemilihan tambahan memori eksternal juga masih bisa kamu lakukan.

Perbandingan RAM dan ROM

Dalam smartphone, pada umumnya RAM akan lebih kecil dari pada ROM. Hal ini dikarenakan kebutuhan penyimpanan dan pembacaan data yang pada RAM lebih sedikit dibanding ROM.

Berikut adalah perbandingan antara RAM dan ROM:

RAM

  • Menyimpan data sementara yang berubah-ubah.
  • Volatile.
  • Berfungsi langsung dalam menjalankan sistem atau aplikasi.
  • Memiliki ukuran lebih kecil.

ROM

  • Menyimpan data permanen yang tidak mudah diubah.
  • Mendukung penyimpanan dalam penggunaan sistem atau aplikasi.
  • Non-volatile.
  • Memiliki ukuran yang besar.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu RAM dan ROM serta perbandingannya. Kini kamu sudah lebih paham tentang RAM dan ROM, sehingga lebih siap memilih smartphone barumu.