APAKAH KAMU TAHU TIDUR SIANG BERMANFAAT BAGI KESEHATAN?

APAKAH KAMU TAHU TIDUR SIANG BERMANFAAT BAGI KESEHATAN?

Aktivitas yang padat kerap membuat tidur siang menjadi terlewatkan. Padahal, manfaat tidur siang sangatlah beragam, mulai dari memulihkan energi tubuh hingga meningkatkan konsentrasi. Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, tidur siang perlu dilakukan dengan cara yang benar. 

Kebanyakan orang-orang mengabaikan pentingnya tidur siang walaupun hanya sekedar 1 jam saja. Padahal tidur siang merupakan relaksasi tubuh dari segudang aktivitas yang dikerjakan dan untuk menenangkan saraf-saraf yang tegang akibat aktivitas yang di jalani.

Berikut ini adalah manfaat tidur siang bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Ingat Otak

Dengan tidur siang ternyata bisa meningkatkan daya ingat pada otak kita. Bahkan efeknya sangat baik bagi orang tua. Hal ini dikarenakan semakin bertambahnya umur, maka mereka cenderung melupakan memori mereka di masa lampau dan menurunnya daya ingat mereka.

Manfaat tidur siang bagi anak-anak adalah dapat meningkatkan kinerja otak dalam mengingat segala sesuatu. Bagi anak, manfaat tidur siang sama pentingnya karena mereka sedang dalam proses belajar dan mungkin menghafal setiap pekerjaan yang mereka dapatkan di sekolah.

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Kewaspadaan

Suatu riset menyebutkan bahwa tidur siang yang cukup dapat meningkatkan energi dan kelancaran aliran darah, termasuk di otak.

Sebuah riset menyebutkan bahwa orang yang tidur siang selama 15–30 menit, akan terlihat lebih segar, mudah fokus, dan produktif, daripada orang yang kelelahan saat bekerja. Selain itu, tidur siang yang cukup juga dapat meningkatkan kelancaran aliran darah, termasuk di otak.

3. Mengatasi Insomnia

Tidur siang ternyata mampu mengobati insomnia (susah tidur di malam hari). Kebiasaan gejala susah tidur saat malam hari ini tidak baik bagi kesehatan. Tubuh pun perlu istirahat dan memejamkan mata hingga terlelap, jika hal sepele ini diabaikan maka bersiap anda akan terkena kelelahan, daya ingat menurun, sulit untuk berkonsentrasi, hingga pada penurunan kualitas kerja dan sampai meningkatkan risiko kecelakaan.

Tentu ini akan sangat berbahaya bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk orang sekitar, tidur siang merupakan obat penganti sulit tidur malam hari yang biasa kita sebut insomnia.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Selain kebiasaan merokok dan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam, stres dan kelelahan juga bisa meningkatkan risiko terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Tidur siang diketahui bisa menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Riset menyebutkan bahwa orang yang rutin tidur siang dan tidur yang cukup setiap malamnya memiliki risiko lebih rendah terkena hipertensi.

Hal ini diduga karena tidur siang dapat mengurangi hormon stres kortisol, yaitu salah satu hormon yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

5. Mengurangi Stress

Stress merupakan salah satu sumber penyakit berbahaya lainnya seperti gangguan syaraf dan jantung. Otak menjadi lebih tegang akibat aktivitas yang terlalu banyak karena dipakai untuk berfikir secara terus menerus, bisa menjadi beban bagi otak dan membuat stress yang berlebihan. Betapa pun banyaknya aktivitas yang dijalani, sebaiknya dapat tidur siang beberapa menit saja. Hal ini dikarenakan tidur siang dapat mengoptimalkan seluruh organ tubuh untuk kembali menjalani aktivitas dengan lancar.

6. Meningkatkan Mood

Neurotransmitter serotonin merupakan senyawa yang mengatur suasana hati, tidur, dan selera kita, ia juga lah yang menghasilkan perasaan kepuasan dan kesejahteraan. Tapi ketika tubuh kita stres, serotonin yang digunakan juga lebih tinggi dan sementara produksinya berhenti. Akibatnya, kita bisa menjadi cemas, mudah marah, depresi, kewalahan, dan mudah terganggu.