Atasi sakit paru-paru dengan cara berikut ini

Untuk anda yang mempunyai penyakit paru-paru, cobalah tips berikut ini

Atasi sakit paru-paru dengan cara berikut ini

1. Mengonsumsi makanan sehat

Salah satu cara untuk membersihkan paru kita adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan ternyata juga mempengaruhi kesehatan paru kita. Oleh karena itu, mulailah diet sehat sebagai awal yang baik untuk kesehatan.

  • Mulai hari dengan segelas air lemon. Jika tubuh kita terhidrasi dengan baik, proses membersihkan paru pun menjadi lebih lancar.
  • Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin c, seperti anggur, kiwi, jeruk, tomat, dan brokoli.
  • Tidak lupa memasukkan makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Misalnya, bawang putih, apel, teh hijau, ataupun jahe.

2. Lindungi diri Anda dari polusi 

Jika Anda tinggal di area dengan tingkat polusi udara yang tinggi, atau jika Anda mengidap penyakit asma, Anda dapat melakukan beberapa pendekatan untuk melindungi diri. Anda bisa menggunakan masker jika sedang berada di luar ruangan, atau mempertimbangkan untuk membeli alat penyaring udara di rumah. Cara-cara ini dapat melindungi udara di rumah Anda dari polusi.

  • Ada masker yang khusus dirancang dan dapat Anda beli untuk menjaga kesehatan paru-paru. Cobalah masker yang memiliki fitur saringan karbon atau asap untuk mencegah Anda menghirup udara yang penuh alergen, polusi, asap, dan zat-zat kimia berbahaya. Anda juga dapat membeli masker khusus dengan filter jenis P100 yang lebih kuat, yang dibuat khusus untuk menahan efek dari udara dingin, atau yang khusus untuk mendukung proses pernapasan.
  • Anda juga dapat berlangganan sistem layanan siap-siaga, misalnya EnviroFlash, yang mengirimkan surel pengiriman terkait dengan kualitas udara di area Anda. Dengan peringatan dini, Anda bisa tinggal di rumah saat kualitas udara di luar sedang buruk, atau menghindari masalah dengan menggunakan masker pelindung saat berada di luar.

3. Bawang merah

Bawang merah dianjurkan untuk pengobatan beberapa infeksi paru-paru dan juga membantu dengan membersihkan lendir dan racun.

4. Nikmati seduhan teh hijau

Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan sendiri berfungsi untuk mencegah peradangan akibat radikal bebas, termasuk peradangan paru-paru akibat paparan polusi.

Sebuah studi yang melibatkan 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan, orang yang minum 2 cangkir teh hijau tanpa gula setiap hari memiliki paru-paru yang berfungsi lebih baik ketimbang mereka yang tidak minum teh hijau.

5. Hindari kebiasaan merokok

Salah satu zat penyumbang berbahaya di paru kita adalah rokok. Oleh karena itu, jika Anda adalah perokok aktif, pertimbangkanlah untuk mulai mengurangi hingga berhenti dari kebiasaan tersebut. Tidak hanya Anda yang akan terkena dampaknya, tetapi orang lain yang berada di dekat Anda pun terkena imbasnya. Organ pernapasan kita pun terasa lebih ringan karena bersih dan bebas dari lendir. 

Cara-cara di atas merupakan hal yang memang mudah dilakukan, tetapi sulit jika tidak ada kemauan. Jika Anda ingin paru yang lebih bersih, usahakan untuk berhenti dari aktivitas yang justru membuat sistem pernapasan Anda menjadi lebih buruk. Apabila Anda sudah terpapar oleh polusi udara yang cukup tinggi, segera konsultasikan ke dokter Anda. Tanyakan bagaimana cara untuk membersihkan paru kita.