Banyak Dubes Asing di Ethiopia Pernah Bertugas di Indonesia

1. Banyak Dubes Asing di Ethiopia Pernah Bertugas di Indonesia

Banyak Dubes Asing di Ethiopia  Pernah Bertugas di Indonesia
Sejumlah diplomat negara asing yang saat ini bertugas sebagai Duta Besar di Addis Ababa, Ethiopia, pernah bertugas dan berpengalaman tinggal di Indonesia.

Sejumlah diplomat negara asing yang saat ini bertugas sebagai Duta Besar di Addis Ababa, Ethiopia, pernah bertugas dan berpengalaman tinggal di Indonesia. Mereka bersahabat baik dengan Al Busyra Basnur, Duta Besar RI di Addis Ababa dan sering berkumpul di kediaman Dubes Al Busyra sekedar melepas rindu dan mencicipi masakan Indonesia.

“Mereka mengatakan tidak hanya sangat senang dan senantiasa mengingat pengalaman indah yang mereka jalani selama bertugas di Indonesia, juga ingin berkunjung dan bertugas kembali di Indonesia,” kata Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika setelah menjamu sekitar 25 orang yang terdiri dari Duta Besar beserta keluarga, Jumat malam (11/6). Diantara mereka termasuk Dubes asing yang pernah bertugas di Indonesia. 

“Bahkan, Dubes negara sahabat itu mengatakan hanya mau datang ke rumah saya apabila saya menyediakan masakan Indonesia. Ini menunjukkan betapa mereka sangat merindukan Indonesia melalui masakan khas kita,” tambah Dubes Al Busyra. 

Duta Besar negara asing yang saat ini bertugas di Addis Ababa dan pernah bertugas di Indonesia diantaranya Sugeeshwara Gunaratna (Dubes Sri Lanka), Nicola Brennan (Dubes Irlandia), Ito Takako (Dubes Jepang) dan Fernando Zalaquett (Dubes Chile).

Sejumlah Dubes asing lainnya di Addis Ababa juga sering berkunjung ke Indonesia dalam rangka dinas dan kunjungan singkat, sehingga mereka mengenal Indonesia dengan baik. 

“Bahkan Dubes asing, para sahabat saya itu, sering menggunakan Bahasa Indonesia jika berbicara dengan saya, atau komunikasi melalui Handphone,” tambah Dubes Al Busyra.  ***