Baznas Jatim Salurkan Beasiswa untuk Seribu Siswa

BEASISWA : Ketua Baznas Jatim, Dr KH ABD Salam Mawawi  (kiri) dan Wakil Ketua Baznas jatim Bidang Pendistribusian KH Abdurahman Navis (dua dari kanan) menyerahkan bantuan kepada siswa-siswi secara simbolis, Kamis (27/8/2020). DUTA/endang SURABAYA l duta.co – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Timur menyalurkan beasiswa bagi seribu siswa SMA sederajad, Kamis (27/8/2020). Seribu siswa itu dipilih mewaliki 38 kabupaten/kota di seluruh Jawa Timur, yang sudah diseleksi dan diverifikasi datanya. Sehingga dipastikan benar-benar siswa-siswi yang membutuhkan. Wakil Ketua Baznas Jatim Bidang Pendistribusian, KH Abdurrahman Navis mengatakan penyaluran beasiswa ini  memang harus tepat sasaran, kepada mereka yang berhak menerimanya. “Kabupaten Kota diberi kewenangan untuk mengajukan nama siswa, lalu datanya dikirimkan ke Baznas Jawa Timur untuk diverifikasi. Kami pilih seribu siswa-siswi yang memang benar membutuhkan,” ujar Kiai Navis usai penyerahan secara simbolis di Kantor Baznas, Islamic Center Surabaya. Seribu siswa ini mendapatkan beasiswa masing-masing senilai Rp 1 juta. Pencairannya langsung diberikan ke rekening siswa setelah sebelumnya dilengkapi surat keterangan dari pihak sekolah di mana siswa menempuh pendidikan. Para penerima beasiswa berfoto bersama dengan pengurus Baznas Jawa Timur. DUTA/endang“Jangan dinilai uangnya tapi ini bagian dari ikhtiar para donatur yang ingin siswa-siswi dari keluarga tidak mampu bisa menempuh pendidikan secara layak,” tukas Kiai Navis. Selain itu, dengan beasiswa ini, siswa-siswi ini bisa lebih giat belajar untuk meraih cita-citanya di kemudian hari. Sehingga nantinya bisa menempuh pendidikan yang jauh lebih tinggi. “Ada semangat untuk terus belajar dan belajar,” tandasnya. Beasiswa ini diberikan secara bertahap. Untuk tahap pertama kepada 622 siswa dan siswi. Sisanya dilakukan dalam waktu dekat. “Tidak hanya bagi siswa SMA sederajad, tapi bagi sarjana kita juga punya program yakni Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS),” jelasnya. Salah satu penerima beasiswa dari SMK Ketintang Surabaya, Amanda Olivia mengaku senang bisa mendapatkan beasiswa ini. Siswi kelas XI ini mengaku beasiswa ini bisa meringankan beban orang tuanya. Apalagi di masa pandemi Covid-19. “Orang tua jelas terkena dampak pandemi. Beruntung ada bantuan ini setidaknya tidak lagi memikirkan uang SPP,” ungkapnya. end Bagaimana Reaksi Anda?

Baznas Jatim Salurkan Beasiswa untuk Seribu Siswa
BEASISWA : Ketua Baznas Jatim, Dr KH ABD Salam Mawawi  (kiri) dan Wakil Ketua Baznas jatim Bidang Pendistribusian KH Abdurahman Navis (dua dari kanan) menyerahkan bantuan kepada siswa-siswi secara simbolis, Kamis (27/8/2020). DUTA/endang

SURABAYA l duta.co – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Timur menyalurkan beasiswa bagi seribu siswa SMA sederajad, Kamis (27/8/2020).

Seribu siswa itu dipilih mewaliki 38 kabupaten/kota di seluruh Jawa Timur, yang sudah diseleksi dan diverifikasi datanya. Sehingga dipastikan benar-benar siswa-siswi yang membutuhkan.

Wakil Ketua Baznas Jatim Bidang Pendistribusian, KH Abdurrahman Navis mengatakan penyaluran beasiswa ini  memang harus tepat sasaran, kepada mereka yang berhak menerimanya.

“Kabupaten Kota diberi kewenangan untuk mengajukan nama siswa, lalu datanya dikirimkan ke Baznas Jawa Timur untuk diverifikasi. Kami pilih seribu siswa-siswi yang memang benar membutuhkan,” ujar Kiai Navis usai penyerahan secara simbolis di Kantor Baznas, Islamic Center Surabaya.

Seribu siswa ini mendapatkan beasiswa masing-masing senilai Rp 1 juta. Pencairannya langsung diberikan ke rekening siswa setelah sebelumnya dilengkapi surat keterangan dari pihak sekolah di mana siswa menempuh pendidikan.

Para penerima beasiswa berfoto bersama dengan pengurus Baznas Jawa Timur. DUTA/endang

“Jangan dinilai uangnya tapi ini bagian dari ikhtiar para donatur yang ingin siswa-siswi dari keluarga tidak mampu bisa menempuh pendidikan secara layak,” tukas Kiai Navis.

Selain itu, dengan beasiswa ini, siswa-siswi ini bisa lebih giat belajar untuk meraih cita-citanya di kemudian hari. Sehingga nantinya bisa menempuh pendidikan yang jauh lebih tinggi. “Ada semangat untuk terus belajar dan belajar,” tandasnya.

Beasiswa ini diberikan secara bertahap. Untuk tahap pertama kepada 622 siswa dan siswi. Sisanya dilakukan dalam waktu dekat. “Tidak hanya bagi siswa SMA sederajad, tapi bagi sarjana kita juga punya program yakni Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS),” jelasnya.

Salah satu penerima beasiswa dari SMK Ketintang Surabaya, Amanda Olivia mengaku senang bisa mendapatkan beasiswa ini. Siswi kelas XI ini mengaku beasiswa ini bisa meringankan beban orang tuanya. Apalagi di masa pandemi Covid-19.

“Orang tua jelas terkena dampak pandemi. Beruntung ada bantuan ini setidaknya tidak lagi memikirkan uang SPP,” ungkapnya. end

Bagaimana Reaksi Anda?