Cara Menghilangkan Komedo Putih dengan Bahan Alami

Tidak hanya yang hitam, keberadaan komedo putih juga sering mengganggu penampilan. Namun, tenang saja, karena ada beberapa cara menghilangkan komedo putih di rumah, dengan menggunakan bahan alami.

Cara Menghilangkan Komedo Putih dengan Bahan Alami

Tidak hanya yang hitam, keberadaan komedo putih juga sering mengganggu penampilan. Namun, tenang saja, karena ada beberapa cara menghilangkan komedo putih di rumah, dengan menggunakan bahan alami. Komedo putih, atau disebut juga whiteheads, terjadi ketika sebum dan sel-sel kulit membentuk sumbatan di folikel rambut. Bakteri yang hidup di lapisan epidermis tertarik ke pori-pori yang tersumbat dan mulai tumbuh. Inilah yang kemudian membentuk komedo putih.

Begini Cara Menghilangkan Komedo Putih di Rumah

Jika kamu sedang menjadi cara menghilangkan komedo putih di rumah, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan, yaitu:

1. Uap

Mengekspos kulit ke uap dapat mendorong pori-pori yang tersumbat untuk terbuka. Caranya, rebus air hingga mendidih, tuang ke mangkuk besar, lalu dekatkan wajah ke atas mangkuk, tanpa menyentuh air. Biarkan uap panas bekerja membuka pori-pori kulit secara perlahan.

2. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki rasa yang sangat asam dan dianggap sebagai zat yang mampu mengeringkan dan mengecilkan pori-pori. Bahan ini juga dapat membantu mengurangi peradangan dan memiliki sifat antibakteri.

Cara menghilangkan komedo putih dengan cuka sari apel mudah saja. Campurkan dua sendok makan cuka sari apel dengan 8 mililiter air hangat. Lalu, oleskan langsung ke kulit yang ada komedo putih dan dibiarkan selama 20 menit. Rutinitas ini bisa diulang setiap kali hendak mencuci wajah.

3. Jus Lemon

Jus lemon juga bersifat asam dan berfungsi untuk mengeringkan kulit dan menyerap minyak berlebih. Bahan ini juga mengandung senyawa antibakteri dan membantu mengurangi peradangan.

Kamu bisa menggunakan jus lemon utuh atau dicampur dengan air, sebelum dioleskan ke kulit wajah. Biarkan selama 20 menit, dan bilas wajah hingga bersih.

4. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh atau tea tree oil dikenal sebagai antiinflamasi dan antimikroba. Banyak pembersih wajah, pencuci, dan toner yang mengandung ekstrak minyak pohon teh. Kamu dapat mengoleskan minyak ini langsung ke kulit menggunakan jari atau kapas yang bersih.

5. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri yang kuat. Konsistensinya yang kental dan lengket juga bisa menutupi pori-pori dan memungkinkannya meresap jauh ke dalam kulit.

Cara menggunakannya, panaskan satu sendok makan madu dalam microwave selama 15 detik atau sampai sedikit hangat saat disentuh. Setelah kulit dibersihkan, madu yang sudah dihangatkan bisa langsung dioleskan dan dibiarkan selama 15 menit.

6. Witch Hazel

Witch hazel, seperti minyak pohon teh, adalah salah satu bahan populer dalam perlengkapan mandi dan kosmetik. Ini diklaim dapat membantu mencegah dan mengobati komedo putih.

Alasannya, karena witch hazel mengandung zat atau senyawa yang menyebabkan sel-sel kulit dan pori-pori mengecil, sehingga membatasi infeksi. Saat pori-pori mengencang, bahan yang terperangkap dapat didorong ke permukaan dan dikeluarkan.

Witch hazel juga dikenal dapat mengurangi peradangan dan menghilangkan minyak berlebih. Bahan ini sering ditemukan dalam produk pembersih wajah atau tubuh dan toner. Kamu bisa menggunakannya dengan mengoleskannya ke kulit menggunakan jari atau kapas yang bersih.

Itulah beberapa cara menghilangkan komedo putih di rumah, dengan menggunakan bahan-bahan alami. Dapat diketahui bahwa ada banyak pilihan bahan yang bisa digunakan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, perawatan dengan bahan-bahan alami tersebut tentu perlu dilakukan secara rutin.