Cara menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa

Beriku ini adalah beberapa cara atau tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh saat sedang berpuasa, simak ulasannya

Cara menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

1. Rutin Olahraga dan Istirahat yang cukup

Dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin dengan jumlah dan waktu yang disesuaikan atau dengan dengan melakukan olahraga dengan intensitas rendah seperti jalan santai, yoga ringan, peregangan ringan, atau hanya sekadar melakukan pekerjaan rumah tangga.

Selain itu, jika kurang istrihat atau sering bergadang berpotensi terhadap berbagai gangguan kesehatan seperti mengantuk, tubuh lemas, pusing, hingga sakit kepala. Memperbaiki waktu tidur menjadi salah satu yang dianjurkan.

2. Jangan Tinggalkan Sahur

Cara menjaga stamina saat puasa yang pertama adalah selalu melaksanakan makan sahur. Peran sahur saat berpuasa sangat penting. Makanan yang kamu konsumsi bisa memengaruhi kerja tubuh selama seharian penuh.

Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks agar perut kenyang lebih lama. Contoh karbohidrat kompleks adalah nasi merah, roti gandum, singkong, dan ubi.

3. Penuhi Asupan Nutrisi

Cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa yang pertama adalah dengan memenuhi asupan nutrisi penting bagi tubuh. Daya tahan tubuh rentan menjadi lemah saat puasa karena kamu hanya makan dua kali sehari, yaitu pada saat sahur dan berbuka.

Memenuhi asupan nutrisi seperti karbohidrat, vitamin C dan zinc sangat penting untuk menjaga sistem imun tubuh tetap sehat.

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti, buah beri, jeruk, kiwi, apel, pepaya, mangga, brokoli, tomat, kembang kol, dan bayam. Sedangkan, sumber makanan yang mengandung zinc seperti daging ayam, daging sapi, berbagai macam kerang, dan sayuran berdaun hijau.

4. Penuhi Kebutuhan Cairan

Sebagaian besar tubuh kita terdiri dari air, dan kita membutuhkan jumlah yang sama dengan air yang terbuang saat kita berpuasa. Minumlah setidaknya 8-12 gelas air putih agar fit saat puasa. Anda bisa memenuhi cairan tersebut saat berbuka puasa hingga saat sahur agar membantu tubuh tetap terhidrasi.

Selain itu, ada baiknya Anda menghindari kafein. Pasalnya, kafein bersifat diuretik yang membuat kita lebih sering buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh cepat hilang.

Cobalah mengurangi minuman berkafein secara berlebihan selama bulan Ramadan untuk menghindari dehidrasi selama berpuasa.

5. Multivitamin

Multivitamin dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menjaga stamina tubuh selama berpuasa, apalagi jika kegiatan harian cukup padat. Dengan rutin mengonsumsi multivitamin, tubuh pun akan terhindar dari penyakit, lebih segar, dan mampu beraktivitas dengan baik.