DANA Untuk Negeri: Berbagi Kompetensi, Bangun Komunitas Mandiri

• Program kerja sukarela karyawan pertama yang diinisiasi DANA. • Komitmen DANA dalam pengembangan edukasi informal di berbagai komunitas.

DANA Untuk Negeri: Berbagi Kompetensi, Bangun Komunitas Mandiri

Jakarta, 28 Oktober 2021 – Dompet digital DANA menegaskankomitmennya dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan berkontribusi terhadap pembangunan nasional. Penegasankomitmen tersebut ditunjukkan dengan menggelar inisiatif sosialDANA Untuk Negeri, yaitu program kerja sukarela karyawanpertama kalinya, berupa pelatihan untuk meningkatkan kapasitasdan kapabilitas perempuan, berbagai komunitas, serta UMKM. Lewat inisiatif ini, DANA berharap dapat mengembangkan potensipemuda bangsa untuk bersatu, bangkit, dan tumbuh dalammenghadapi tantangan di era pandemi.

 

Mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS), IndeksPembangunan Manusia (IPM) Indonesia di tahun 2020 tercatat71,94. Meski naik sekitar 0,02 poin dari tahun sebelumnya, Indonesia masih menduduki peringkat 107 dari 189 negara. Hal inimencerminkan masih perlunya upaya-upaya peningkatan IPM yang berpatok pada sejumlah variabel, utamanya tingkat harapanhidup, pendapatan bruto dan pendidikan.

 

Indonesia memiliki potensi yang begitu besar jika dilihat daripopulasi dan tingkat usia produktif. Namun, untuk bisamemanfaatkan bonus demografi, Indonesia menghadapi tantanganbesar dalam hal kualitas dan keterampilan pemuda bangsa. Karena itu, perlu upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensimereka agar lebih mandiri dan berdaya saing tinggi,” kata Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA.

 

Agustina menambahkan,DANA Untuk Negeri adalah wujudkomitmen DANA terhadap pengembangan edukasi informal. Sebelumnya, DANA juga aktif untuk berbagi kompetensi melaluiprogram BicaraDANA yang dirancang untuk mengembangkankemampuan dan keilmuan masing-masing karyawan denganmenjadi pembicara di acara eksternal secara gratis. Selain itu, DANA juga menghadirkan sejumlah program pemberdayaanberkelanjutan melalui onboarding digital maupun pendampingankepada pelaku usaha termasuk UMKM yang menjadi mitra DANA Bisnis.”

 

Sebagai langkah awal, lewat program DANA Untuk Negeri, karyawan DANA yang mayoritas adalah kaum muda dari beragamlatar belakang diajak untuk mendaftarkan dirinya secara sukarelaguna menjadi tenaga pengajar. Para karyawan yang terpilih akanmendapatkan pendalaman materi dan pelatihan (train the trainers)untuk membentuk mereka menjadi pelatih andal, sebelum akhirnyamengajar langsung para peserta pelatihan. Program dan edukasiyang akan diberikan oleh para karyawan DANA nantinyamencakup materi seputar pemasaran, manajemen keuangan, digitalisasi, dan pengetahuan lainnya. Sampai Desember 2021, program DANA Untuk Negeri yang diluncurkan bertepatandengan Hari Sumpah Pemuda ini akan bergulir di tiga kota, yaituSemarang, Palembang dan Pontianak.

 

 

***Selesai***

 

Tentang DANA

 

DANA adalah layanan dompet digital yang diselenggarakanoleh PT Espay Debit Indonesia Koe, perusahaan rintisanIndonesia yang bergerak di bidang teknologi finansial yang menyediakan infrastruktur pembayaran yang memungkinkanmasyarakat Indonesia melakukan pembayaran dan transaksisecara nontunai dan nonkartu. DANA dibangun dan dikembangkan di Indonesia dengan didukung oleh tenagakreatif dan programmer Indonesia. Aplikasi DANA tersediauntuk iOS dan Android, serta terintegrasi dengan berbagaimerchant dan aplikasi online ternama sebagai solusipembayaran digital, baik secara online maupun offline. #DANASahabatUMKM merupakan inisatif DANA untukmendukung Digitalisasi UMKM Indonesia melalui platform DANA Bisnis.

 

Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi:

redaksi@kantorpemuda.com