Desain Rumah Ramah Lingkungan Oleh Arsitek Glenn Murcutt

Rumah dengan desain modern tetapi ramah lingkungan oleh arsitek australia Glenn Murcutt

Desain Rumah Ramah Lingkungan Oleh Arsitek Glenn Murcutt

 

               Arsitek Glenn Murcutt merupakan arsitek terkenal dari negara Australia yang terkenal dengan sustainable design nya, dalam merancang bangunannya Glenn murcutt sangat peduli dengan alam atau bumi yang kita tinggali saat ini. Rancangan beliau tidak sama dengan arsitek – arsitek lainnya yang lebih mementingkan eksistensi di dunia arsitektur pada umumnya.

            Kondisi tapak, orientasi, dan material merupakan poin penting dalam rancangan Glenn murcutt agar menyatu dengan lansekap serta iklim lingkungan didaerah rancangannya, Glenn berpegang teguh pada prinsip – prinsip orang aborigin yang hidup selaras dengan alam salah satu perkataanya adalah “touch the earth lightly” .

            Rancangan Glenn murcutt sangat bertentangan dengan postmodernism yang berkarakterisik menonjolkan kemegahan, kerumitan, dan jauh dari kata simple. Robert Venturi sebagai salah satu arsitek postmodernisme yang memiliki bangunan – bangunan yang menunjukkan bahwa bangunan tersebut memiliki makna yang dalam, seakan – akan bangunan tersebut berkomunikasi dengan kita ditambah lagi munculnya kembali ornamen – ornament pada hiasan bangunan.

            Bangunan postmodernisme lebih menunjukan bahwa bangunan tersebut sebagai tanda dari sebuah daerah tertentu, eksistensi dari bangunan postmodernisme menjadi poin tersendiri. Simbol – simbol tertentu dimasukkan kedalam bangunan, pada umumnya bangunan postmodernisme tidak mempedulikan alam sekitarnya, bangunan tersbut hanya mementingkan betnukan yang indah sehingga dapat menjadi monumen didaerah tertentu.

 

Related image

Bard College Campus

 

 

Glenn murcutt sangat tidak menyukai gaya arsitektural yang berbau ism ism karena sangat membuat dirinya kesal, Glenn mengatakan periode post-modernism merupakan hal yang mengerikan dan dia tidak bisa membenarkan hal tersebut, Glenn murcutt bingung kepada arsitek – arsitek bagus di negaranya yang mengikuti gaya postmodernism. Dia tidak mengerti apa yang ada didalam pikiran mereka atau apakah ada yang salah dengan dirinya.

Beliau mengatakan bahwa bangunan postmodernisme adalah self referential dan sebuah bangunan berusaha seakan – akan berteriak “lihat saya!” dan beliau tidak menyukai design seperti itu. Glenn lebih memeilih orang – orang hanya melewati bangunanya dan yang ada didalam pikiran orang adalah ‘itu cukup menarik,saya akan melihatnya lagi’ dan semakin kita melihat alam dan semakin dekat dengan alam makan akan menjadi sangat indah.

Image result for the k2 building tokyo

 

 

 

 

               

 

  

 

 

 

 

 

 

Rancangan atau bangunan yang sudah dibangun oleh Glenn biasanya atau hampir semuanya less ornament karena beliau tidak terlalu mementingkan estetika seni ornamen yang tidak bermanfaat dan dia benci hal itu, beliau lebih mementingkan bagaimana bangunan selaras dengan alam memiliki timbal balik dengan alam dan bangunannya dengan cara mementingkan sistem – sistem hemat energinya dan bahan material yang tidak merusak lingkungan. 

             Bisa kita perhatikan bangunan yang berada di Tokyo pada gambar 1.2 memiliki dimensi yang besar dan memakan space yang banyak serta bentuknya yang sangat menonjolkan ornament – ornament yang diambil dari bentuk tiang pondasi pada bangunan masa romawi, bangunan pada masa postmodernisme ini sangat ingin menonjolkan dirinya sebagai bangunan yang ikonik dan ingin dilihat orang memiliki bentuk yang megah.

              Arsitek  lain menyebutkan Glenn Murcutt sebagai guru besar dari arsitektur kontemporer  yang unik dan memiliki ikatan yang kuat dengan negaranya serta budaya – budayanya, besar dan tinggal di Papua Nugini Glenn murcutt mengekspos arsitektur menjadi lebih simple dan berorientasi pada alam salah satu motonya yaitu “touch the earth lightly” yang dapat dilihat di dalam rancangan – rancangannya menyatu dengan lansekap Australia yang memiliki lahan – lahan tanah yang masih luas dan penduduknya pun sedikit karena saking luasnya negara Australia.

            Dalam merancang sebuah projek Glenn murcutt menyatukan berbagai elemen – elemen alam kedalam analisinya yang akan berpengaruh terhadap orientasi bangunan, material bangunan dan bentuknya. Elemen alam yang digabungkan yaitu angina, pergerakkan air, suhu udara, dan cahaya disekitar tapak yang akan dibangun sebuah bangunan.