Duta Besar Al Busyra Basnur, Resmikan Pembukaan Jalan di Ethiopia

Duta Besar Al Busyra Basnur, Resmikan Pembukaan Jalan di Ethiopia

Duta Besar RI untuk Ethiopia, Al Busyra Basnur diundang dan didaulat untuk meresmikan pembukaan jalan desa sepanjang 1,5 km dan lebar 7 meter, yang dibangun oleh Universitas Arsi, Jumat (18/6). 

Universitas yang didirikan tahun 2007 itu adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Ethiopia, terletak di kota Assela, sekitar 180 km selatan kota Addis Ababa. Jumlah mahasiswa sekitar 10.000 orang.  

Dubes Al Busyra membuka jalan tersebut bersama Rektor universitas, Dr. Duguma Adugna, ditandai oleh pengguntingan pita dan disaksikan sekitar 600 orang yang terdiri dari keluarga besar kampus dan masyarakat desa dimana jalan dibangun. 

Pembangunan jalan oleh universitas merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat desa. Jalan itu menghubungkan beberapa desa terisolir yang memiliki potensi pertanian yang besar dan selama ini tidak pernah terhubung oleh jalan raya. 


“Dengan dibangunnya jalan itu oleh Universitas Arsi, maka beberapa desa yang terisolir dapat terhubung dengan baik dan akan meningkatkan perekonomian masyarakat desa,” kata Duguma, rektor universitas. 

Sementara itu, Dubes Al Busyra mengatakan dengan diundangnya Dubes RI membuka secara resmi jalan itu, menunjukkan bahwa hubungan Indonesia dengan Ethiopia sangat dekat. 

Pada kunjungan ke kampus universitas Arsi, Dubes Al Busyra juga melakukan penanaman pohon di Indonesian Ambassadors Garden, sebuah taman luas yang terletak di halaman kampus. Taman itu dibangun khusus oleh kampus untuk menghormati Indonesia. ***