Epic Games Memamerkan Unreal Engine 5 Lewat Demo PS5

Epic Games Memamerkan Unreal Engine 5 Lewat Demo PS5

Epic Games baru saja memamerkan tampilan dari Unreal Engine 5, teknologi game next-gen yang menghasilkan dunia yang lebih mendetail dan dinamis.

Untuk menunjukkan kemampuan Unreal Engine 5 tersebut, Epic Games merilis sebuah demo berjudul Lumen in the Land of Nanite yang dijalankan di platform PlayStation 5, dilansir IGN.

Lumen in the Land of Nanite merupakan game yang dibuat oleh dua alat baru Unreal Engine 5, yaitu Lumen, yang berguna untuk membuat pencahayaan lebih dinamis dan realistis, serta Nanite, yang mampu mengimport grafis dan aset berkualitas tinggi seperti film.

https://youtu.be/d8B1LNrBpqc

Kim Libreri selaku CTO Epic Games menjelaskan keaslian dari demo yang memukau tersebut.

“Saya rasa banyak orang yang akan bertanya, ‘Apakah demo ini asli?’ Kenyataannya demo ini diambil langsung dari mesin konsol PlayStation 5. Demo tersebut disambungkan memlalui kabel HDMI secara langsung, tanpa editan, tanpa tipuan, langsung dari konsolnya,” Libreri.

CEO dan pendiri Epic Games, Tim Sweeney juga menjelaskan SSD yang digunakan untuk PlayStation 5 jauh lebih baik dari PC tercanggih saat ini. Sweeney mengatakan Unreal Engine 5 diciptakan untuk menghasiilkan grafis terbaik dengan menggunakan alat yang produktif dan efisien.

“Lumen dan Nanite tidak hanya meningkatkan kualitas visual tapi juga mempermudah teknologi yang digunakan oleh pengembang yang membuat konten,” ucap Sweeney.

Tidak hanya itu, Epic menjelaskan bahwa kualitas yang ditampilkan dalam demo tersebut sangat mudah untuk disalin sehingga mempermudah developer kecil yang tidak memiliki waktu untuk memproses game mereka. Berbagai aset nantinya dapat diakses oleh developer lain lewat Unreal Store.

“Caranya sangatlah mudah. Kamu hanya perlu ke Quixel Asset Store dan mendownload aset yang kamu inginkan seperti bebatuan atau pegunungan. Lalu kamu tinggal meletakkannya di gamemu,” ucap Libreri. “Hal ini menurunkan standard kerumitan yang biasanya dibutuhkan dalam mengembangkan sebuah game,” lanjutnya.

Unreal Engine 5 sendiri akan dirilis previewnya pada tahun 2021 dan dirilis sepenuhnya di akhir tahun yang sama. Teknologi tersebut akan mendukung konsol generasi sekarang dan next-gen serta PC, Mac, iOS dan Android.