Girls, Masih Bingung Gimana Tahapannya Penggunaan Skincare Yang Benar? Begini Tahapannya

Perawatan wajah atau umumnya dikenal dengan Skincare merupakan sebuah rangkaian aktivitas untuk merawat kulit. Banyaknya produk-produk yang digunakan untuk merawat kulit wajah membuat sebagian orang bingung, produk manakah yang harus digunaka terlebih dahulu. Tahapan-tahapan pengaplikasian produk harus dilakukan dengan benar, jika tidak maka produk tersebut tidak dapat bekerja secara efektif dan kita tidak dapat merasakan manfaat dari produk yang digunakan. So, berikut ini adalah tahapan skincare yang bisa kamu ikuti.

Girls, Masih Bingung Gimana Tahapannya Penggunaan Skincare Yang Benar? Begini Tahapannya

1. Double Cleanse

Hal yang pertama dalam rangkaian skincare adalah cleanser, digunakan untuk membersihkan kotaran diwajah. Kamu bisa membersihkan wajah dengan double-cleansing agar kulit bersih maksimal. Langkah pertama, kamu perlu menghapus make up menggunakan micerall water atau cleansing oil. Lalu dilanjutkan dengan menggunakan facial wash

2. Toner

Tahap kedua adalah pemakaian toner, ini berfungsi untuk melembabkan dan mempersiapkan kulit untuk pemakaian skincare selanjutnya. Pilihlah produk toner yang sesuai dengan jenis muka mu,

3. Essence

Tahap ketiga adalah Essence, merupakan cairan berbahan dasar air dengan konsentrasi bahan aktif tinggi yang bertujuan untuk menenangkan dan melembabkan kulit. Pengaplikasian essence dilakukan sesudah pemakian toner atau sebelum penggunaan serum.

Untuk penggunaannya, cukup tuangkan beberapa tetes esensi ke telapak tangan Anda, lalu oleskan ke seluruh wajah dengan mengetuk wajah Anda secara perlahan.

4. Serum

Tahap keempat adalah serum. Serum mempunyai konsentrasi zat aktif lebih tinggi dari pada pelembab, biasanya lebih ringan dalam tekstur dan cairan, dan cepat diserap oleh kulit. Cara menggunakannya, tuangkan sedikit serum wajah seukuran kacang polong ke telapak tangan lalu oleskan secara merata pada seluruh wajah hingga leher. 

Pilihlah produk serum sesuai dengan permasalahan wajah kamu.

5. Eye Cream

Taham kelima adalah pemakaian eye cream, penggunaan eye cream ini dapat kamu lakukan sebelum ataupun sesudah penggunaan moisturizer tergantung terhadap tekstur atau formula produk. Jika, formula eye cream kamu lebih rich dan berat dibanding moisturizer, kamu bisa menggunakan eye cream terlebih dulu. Sebaliknya, kalo tesktur eye cream lebih ringan dari serum, kamu dapat memakainya setelah moisturizer. 

6. Moisturizer

Pemakaian moisturizer merupakan tahapan keenam dalam urutan ini dengan tujuan melembabkan dan menghaluskan kulit. Untuk orang dengan kulit wajah kering, pilihlah pelembab yang creamy. Pemilik kulit wajah normal dan kulit wajah campuran juga bisa memilih tekstur krim yang lebih kental. Sementara itu, pelembap dengan tekstur cair atau gel cocok untuk jenis kulit berminyak.

7. Sunscreen (Daily in the AM)

Tahap terakhir pada pemakaian skincare adalah sunscreen yang digunakan untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari, penggunaan sunscreen disarankan dengan SPF minimal 30.

ADD-ONS :

  • Exfoliator, berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Dilakukan sesudah menyuci wajah dan sebelum pemakaian toner, cukup lakukan exfoliasi atau scrub wajah 1-2 kali dalam seminggu
  • Mask, dengan melakukan masker wajah diharapkan bisa membantu mengangkat berbagai kotoran maupun sel-sel kulit mati yang menempel pada wajah. Gunakan masker 1-2 kali dalam seminggu.