Indonesia 3 Besar Negara ‘CryptoJacking’ Terbanyak pada UKM

Jakarta, Selular.ID – Statistik baru dari perusahaan keamanan siber global Kapersky menunjukkan bahwa ancaman terbesar dalam usaha kecil dan menengah (UKM) di Asia Tenggara adalah para penambang kripto (miners).Penambangan kripto berbahaya, juga dikenal sebagai cryptojacking, yaitu serangan yang dapat menimbulkan kerugian baik langsung maupun tidak langsung bagi bisnis.Penambang kripto yang menginfeksi komputer pengguna pada dasarnya beroperasi sesuai dengan model bisnis yang sama dengan program ransomware: kekuatan komputasi target dimanfaatkan untuk memperkaya para pelaku kejahatan siber.Sejauh ini, jumlah total upaya penambangan yang terdeteksi pada kuartal pertama 2020 juga secara signifikan lebih banyak dari 834.993 upaya phishing dan 269.204 deteksi ransomware terhadap UKM di wilayah tersebut.Data perusahaan mengungkap bahwa Indonesia dan Vietnam menjadi negara di Asia Tenggara dan secara global memiliki upaya penambangan kripto tertinggi terhadap UKM.Sebagian besar dari enam negara di kawasan ini (kecuali Filipina dan Thailand) juga telah mencatat peningkatan dalam hal deteksi malware ini pada Q1 2020.Baca juga: Ajang Grammy Award Dimanfaatkan Penjahat Siber untuk Sebar MalwarePerlu diperhatikan, para penambang juga dapat masuk ke komputer melalui pemasang adware dan konten berbahaya yang selanjutnya didistribusikan menggunakan rekayasa sosial serta USB yang terinfeksi.Bagaimana menghindarinya?Berikut tips menghindari serangan siber Crypto:Perbarui sistem operasi dan seluruh perangkat lunak Anda secara teratur.Jangan memercayai lampiran email secara default. Sebelum mengklik untuk membuka lampiran atau mengikuti tautan, pertimbangkan dengan cermat darimana tautan berasal. Jika berasal dari seseorang yang tak dikenal sebaiknya hiraukan saja.Jangan menginstal perangkat lunak dari sumber yang tidak dikenal. Itu mungkin dan memang kerang mengandung penambang kripto berbahaya.Gunakan solusi keamanan titik akhir khusus yang dilengkapi dengan kontrol web dan aplikasi, kontrol anomali, dan eksploitasi komponen pencegahan yang dapat memantau dan memblokir aktivitas mencurigakan pada jaringan perusahaan.Let's block ads! (Why?)

Indonesia 3 Besar Negara ‘CryptoJacking’ Terbanyak pada UKM
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Jakarta, Selular.ID – Statistik baru dari perusahaan keamanan siber global Kapersky menunjukkan bahwa ancaman terbesar dalam usaha kecil dan menengah (UKM) di Asia Tenggara adalah para penambang kripto (miners).

Penambangan kripto berbahaya, juga dikenal sebagai cryptojacking, yaitu serangan yang dapat menimbulkan kerugian baik langsung maupun tidak langsung bagi bisnis.

Penambang kripto yang menginfeksi komputer pengguna pada dasarnya beroperasi sesuai dengan model bisnis yang sama dengan program ransomware: kekuatan komputasi target dimanfaatkan untuk memperkaya para pelaku kejahatan siber.

Sejauh ini, jumlah total upaya penambangan yang terdeteksi pada kuartal pertama 2020 juga secara signifikan lebih banyak dari 834.993 upaya phishing dan 269.204 deteksi ransomware terhadap UKM di wilayah tersebut.

Data perusahaan mengungkap bahwa Indonesia dan Vietnam menjadi negara di Asia Tenggara dan secara global memiliki upaya penambangan kripto tertinggi terhadap UKM.

Sebagian besar dari enam negara di kawasan ini (kecuali Filipina dan Thailand) juga telah mencatat peningkatan dalam hal deteksi malware ini pada Q1 2020.

Baca juga: Ajang Grammy Award Dimanfaatkan Penjahat Siber untuk Sebar Malware

Perlu diperhatikan, para penambang juga dapat masuk ke komputer melalui pemasang adware dan konten berbahaya yang selanjutnya didistribusikan menggunakan rekayasa sosial serta USB yang terinfeksi.

Bagaimana menghindarinya?

Berikut tips menghindari serangan siber Crypto:

  1. Perbarui sistem operasi dan seluruh perangkat lunak Anda secara teratur.
  2. Jangan memercayai lampiran email secara default. Sebelum mengklik untuk membuka lampiran atau mengikuti tautan, pertimbangkan dengan cermat darimana tautan berasal. Jika berasal dari seseorang yang tak dikenal sebaiknya hiraukan saja.
  3. Jangan menginstal perangkat lunak dari sumber yang tidak dikenal. Itu mungkin dan memang kerang mengandung penambang kripto berbahaya.
  4. Gunakan solusi keamanan titik akhir khusus yang dilengkapi dengan kontrol web dan aplikasi, kontrol anomali, dan eksploitasi komponen pencegahan yang dapat memantau dan memblokir aktivitas mencurigakan pada jaringan perusahaan.

Let's block ads! (Why?)