Ini Bentuk-Bentuk Kompensasi Perusahaan

Kompensasi sendiri dapat diartikan sebagai segala bentuk yang diberikan organisasi atau entitas bisnis terhadap anggota dan pekerjanya baik berupa fisik atau non fisik.

Ini Bentuk-Bentuk Kompensasi Perusahaan

Kompensasi sendiri dapat diartikan sebagai segala bentuk yang diberikan organisasi atau entitas bisnis terhadap anggota dan pekerjanya baik berupa fisik atau non fisik.

Pengertian lain dari kompensasi adalah keseluruhan imbalan yang diterima oleh pekerja setelah melakukan sebuah pekerjaan yang bertujuan untuk memajukan bisnis secara keseluruhan. Bentuk kompensasi tidak selalu uang atau bawang tetapi bisa juga berupa hal yang tidak berbentuk, seperti paket liburan atau tambahan cuti.

Seringkali, kompensasi menjadi bukti bahwa seseorang telah bekerja keras untuk kemajuan bisnis. Ini juga bisa menjadi ajang untuk memotivasi karyawan agar mau meningkatkan kerja keras, loyalitas dan idenya demi kepentingan perusahaan. Dasar dari kompensasi dalam usaha adalah dari reward and punishment yang bisa membuat seseorang berkembang lebih jauh lagi.

Keberadaan sistem kompensasi bisa memberikan perasaan adil terhadap setiap pekerja di bisnis tersebut. Misalnya ketika salah satu karyawan bekerja lebih keras daripada yang lain, maka keberadaan kompensasi membuatnya merasa adil. Kompensasi adalah bukti bahwa perusahaan peduli pada kinerja setiap karyawan dan mau menghargainya.

Bentuk-bentuk Kompensasi Perusahaan

Ada beragam kompensasi yang biasa diberikan perusahaan terhadap karyawannya berkaitan dengan proses usaha yang dilakukan. Sifatnya memang tidak hanya materi saja tetapi juga bisa berbentuk tunjangan juga. Ada 4 bentuk kompensasi yang biasa diberikan yakni sebagai berikut:

1. Upah atau Gaji

Dalam sistem upah, beberapa perusahaan biasanya menggunakan sistem pembayaran per jam. Hal ini tentunya membuat pekerja akan mendapatkan gaji lebih besar pada saat waktu bekerjanya lebih lama. Sistem upah biasa diterapkan pada buruh atau pekerja di bagian produksi dan pemeliharaan mesin. Sedangkan sistem gaji biasanya terhitung bulanan atau mingguan.

2. Insentif

Besar uang yang diterima oleh pekerja biasanya melebihi upah atau gaji yang sudah ditetapkan. Insentif ini biasanya  sehingga besaran gaji yang diterima menjadi lebih tinggi. Insentif ini bisa melalui beberapa faktor seperti penjualan yang melebihi target atau keuntungan lebih. Bisa juga didapatkan dari produktivitas yang meningkat.

3. Tunjangan

Ada bentuk kompensasi perusahaan yang tidak berwujud uang seperti jenis yang lain yakni tunjangan. Tunjangan biasa berbentuk asuransi baik berupa asuransi kesehatan, keselamatan pekerja, ataupun asuransi jiwa. Selain itu, tunjangan juga bisa dalam bentuk liburan yang ditanggung oleh perusahaan serta program pensiun yang berhubungan dengan kepegawaian.

4. Fasilitas

Kompensasi lainnya bisa berupa barang atau bisa disebut juga dengan fasilitas yang diterima pekerja. Fasilitas yang dimaksud bisa berupa mobil dinas perusahaan, tempat parkir khusus, ataupun keanggotaan klub olahraga. Kompensasi yang satu ini lebih sering disesuaikan dengan kemampuan perusahaan memberikan fasilitas dan posisi pekerja tersebut.