Ini Dia 5 Keutamaan Dari Membaca Surah Ar Rahman

Surat Ar Rahman dikenal dengan nama Arus Al Quran, yang secara harfiyah berarti pengantin Al Quran. Imam Baihaqi meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad bersabda

Ini Dia 5 Keutamaan Dari Membaca Surah Ar Rahman

Surat Ar Rahman dikenal dengan nama Arus Al Quran, yang secara harfiyah berarti pengantin Al Quran. Imam Baihaqi meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad bersabda :

“Segala sesuatu memiliki pengantin, dan pengantinnya Al Quran adalah Ar Rahman.” , penamaan itu karena indahnya surah ini dan karena didalamnya terdapat sekian kali pengulangan ayat fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma Tukadziban, yang diibaratkan dengan aneka hiasan yang dipakai oleh pengantin.

Surat ini terdiri dari 78 ayat, dalam surat Ar-Rahman mengandung pemberitahuan tentang nikmat-nikmat Allah yang mengagumkan. Dan di dalamnya juga berisi penjelasan tentang rahmat Allah SWT yang nyata di dunia dan akhirat. Maknawiyah dari surat Ar-rahman ini adalah sebuah motivasi bagi para Muslim untuk semakin beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, agar mampu meraih kenikmatan hakiki di akherat kelak.

Ini dia 5 keutamaan membaca surah Ar Rahman :

1. Menigkatkan keimanan

Dengan rajin Membaca Surat Ar-Rahman yang didalamnya terdapat Kata Ar Rahman pastinya akan membuat setiap pembacanya untuk selau mengingat dan memuji Allah yang Maha Pemurah ,dengan membaca surat ar rahman secara kontinue ,akan meberikan manfaat berupa meningkatnya kadar keimanan seseorang.

2. Meningkatkan Rasa Syukur

Pengulangan pada penggalan ayat Fa bi ayyi ala`i rabbikuma tukazziban, menjadi semacam notifikasi bahwa begitu banyak nikmat yang Allah SWT berikan kepada para makhlukNya. Jika kamu membacanya dengan sepenuh hati, niscaya kamu akan lebih bersyukur atas segala sesuatu.

3. Mendapatkan Jodoh

Buat kamu yang masih sendiri dan susah mendapati pasangan, kayaknya kamu harus baca surah ar rahman ini deh, karena salah satu keutamaan surat Ar rahman Bagi seorang yang Mebaca surat Ar rahman apabila belum mendapatkan jodoh, maka hendaknya memohon kepada Allah dengan diawali dengan membaca surat Ar Rahman ini secara istiqomah, dan mebaca doa agar enteng jodoh ,maka insyaAllah apa yang menjadi hajat akan tercapai,dan dipertemukan dengan jodoh.

4. Matinya orang yang membaca Ar Rahman seperti Syahid

Dalam Tsawabul A’mal, dijelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda: “barang siapa membaca surah Ar Rahman, dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala’i Robbikuma tukadzibaan kemudian jika dia mengucapkan: tidak ada satupun nikmatMu dari Tuhanku yang aku dustakan, maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid.” (diriwayatkan oleh Imam Ja’far). Hadits tersebut sangat jelas sekali bahwa surah Ar Rahman membuat pembacanya mati seolah syahid. Hasits tersebut juga mengingatkan kita untuk membaca Ar Rahman dalam dua waktu, yaitu siang dan malam.

5. Mencintai Sesama Makhluk Ciptaan Allah SWT

Muslim yang taat bukan hanya sebatas menjalankan ibadah sholat, puasa dan mengaji saja. Menjadi muslim yang taat juga bisa dilakukan dengan cara mencintai sesama makhluk ciptaan Allah SWT. Agar rasa cinta yang dalam terhadap sesama makhluk tertanam dalam jiwamu, cobalah untuk senantiasa membaca surat Ar-Rahman di waktu senggang atau saat terbangun di sepertiga malam.

 Masya allah, itulah keutamaan dari membaca surah Ar Rahman