Ini Dia 6 Manfaat Yang Ada Di Minyak Zaitun Untuk Kepala Kita

Nah, jika kamu sudah sering menggunakan minyak ini untuk memasak atau sebagai produk skin care, sekarang kamu dapat mencoba manfaat minyak zaitun untuk kesahatan rambut

Ini Dia 6 Manfaat Yang Ada Di Minyak Zaitun Untuk Kepala Kita

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan minyak zaitun. Minyak zaitun adalah minyak yang berasal dari pohon zaitun. Pohon zaitun berasal dari mediterania ini minyaknya paling populer digunakan untuk memasak. Tapi selain untuk memasak, banyak juga yang memanfaatkan minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan.

Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan dan untuk wajah, minyak zaitun ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat untuk rambut. Bahkan, minyak zaitun juga dapat mengatasi berbagai masalah rambut. Minyak zaitun memang digunakan wanita sejak zaman dahulu untuk membuat rambut mereka sehat.

Kandungan yang ada pada minyak zaitun adalah vitamin E, vitamin K, serta asam lemak. Minyak zaitun juga berfungsi untuk melembapkan, ini yang membuatnya baik digunakan untuk rambut. Jangan heran jika minyak zaitun dapat digunakan sebagai kondisioner. Selain mengandung vitamin, minyak zaitun juga mengandung elemen kimia seperti asam oleat, asam palmitat, dan squalene. Ketiga elemen tersebut adalah emolien yang menawarkan fungsi kualitas kelembutan.

Nah, jika kamu sudah sering menggunakan minyak ini untuk memasak atau sebagai produk skin care, sekarang kamu dapat mencoba manfaat minyak zaitun untuk kesahatan rambut.

Apa saja sih manfaat yang didapat dari minyak zaitun untuk kepala kita ?. Yuk simak penjelasan berikut ini :

1. Mengatasi Kulit Kepala Kering

Kulit kepala kering bisa disebabkan banyak hal, dari mulai paparan sinar matahari yang tinggi hingga kekurangan nutrisi. Meski begitu, cara mengatasinya tidak sulit. Campurkan minyak zaitun dengan perasan lemon dan air sebanyak masing-masing dua sendok makan. Aduk rata, lalu usapkan pada area kulit kepala yang diinginkan.

Pijat perlahan untuk beberapa saat dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bilas rambut menggunakan shampoo, lalu keringkan rambut dengan handuk. Ulangi perawatan ini agar manfaat minyak ‘ajaib’ ini terasa lebih maksimal.

2. Menambah kilau alami rambut

Selain menjaga kelembapan, bahan alami ini juga berguna untuk menambah kilau alami rambut. Pasalnya, kandungan vitamin A dan antioksidan pada minyak zaitun berperan melindungi keratin rambut dan menjaga kelembapannya. Alhasil, minyak zaitun mungkin dapat mengurangi penumpukan sebum (minyak alami) yang menghambat pertumbuhan folikel dan rambut. Hal ini yang membuat rambut menjadi lebih berkilau karena pertumbuhan rambut baru. Tidak hanya itu, kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalen pada minyak zaitun juga berguna untuk membuat rambut lebih sehat dan lembut.

3. Melembapkan Rambut

Khasiat minyak zaitun untuk rambut kering sudah dibuktikan banyak orang. Cara mengaplikasikan minyak zaitun untuk membuat rambut lembut ada dua. Ada yang mengaplikasikannya langsung, ada juga yang menjadikannya bahan masker rambut. Salah satu caranya, campurkan setengah buah alpukat, satu butir telur, dan satu sendok teh minyak zaitun. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata, lalu aplikasikan pada rambut basah setelah keramas. Diamkan 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

4. Mencegah Rambut Rontok

Masalah rambut rontok bisa dialami siapa saja. Mungkin kamu sudah mencoba berbagai jenis sampo, tapi kerontokan rambut tak kunjung berhenti? Kamu bisa coba menggunakan minyak zaitun. Cara menggunakannya sangat mudah, kamu hanya perlu mencampur 1 sendok makan minyak kelapa dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Kemudian, oleskan ke kulit kepala sembari dipijat selama 15 menit. Bungkus rambut menggunakan handuk dan diamkan semalaman. Keesokan harinya segera bersihkan rambut dengan sampo dan air bersih.

5. Mencegah Kerusakan

Ada banya hal yang menyebabkan rambut rusak. Mulai dari polusi, alat pengering atau pelurus rambut, pewarna rambut, atau produk lain yang terbuat dari bahan kimia. Jika dibiarkan kerusakan rambut akan semakin parah. Minyak zaitun untuk rambut bisa mencegah terjadinya kerusakan rambut. Hal itu disebabkan karena adanya antioksidan dalam minyak zaitun. Antioksidan akan melawan radikal bebas sehingga kesehatan rambut akan terjaga.

6. Menghilangkan Ketombe

Manfaat minyak zaitun untuk rambut salah satunya mengatasi masalah ketombe. Minyak zaitun memiliki semua kandungan yang dibutuhkan untuk mengusir ketombe dari kepala kalian lho. Caranya, kalian harus campurkan minyak zaitun dengan sedikit lemon, kemudian pijat kulit kepala kalian dengan campuran minyak zaitun dan lemon ini selama beberapa saat. Diamkan selama 15 menit, kemudian kalian bilas dengan shampo.

Jadi itu dia manfaat minyak zaitun untuk kepala kita, kalian bisa nih cobain cara ini.